Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Urine, 5 Calon Peserta Pilkada di Sulsel Terindikasi Menggunakan Benzoat

Kompas.com - 16/01/2018, 16:40 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Setelah diperiksa kesehatan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulsel, 5 bakal calon peserta pilkada serentak di Sulawesi Selatan terindikasi memiliki urine yang mengandung benzoat.

Hal tersebut disampaikan Kabid Pencegahan BNNP Sulsel, Jamaluddin setelah menyerahkan berkas hasil pemeriksaan kesehatan seluruh pasangan bakal calon peserta pilkada di Sulsel kepada masing-masing KPU kabupaten/kota di sekretariat Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulsel, Jalan Boulevard, Makassar, Selasa (16/1/2018).

Menurut Jamaluddin, dari 74 pasangan calon yang mengikuti pemeriksaan kesehatan, ada lima orang yang terindikasi menggunakan bahan benzoat. Dia menjelaskan, bahan benzoat yang dimaksud adalah kandungan obat-obatan.

"74 orang yang kita tes urinenya, 5 orang di antaranya menggunakan benzoat. Kita tidak tahu jenis obat apa yang digunakan, namun ada 5 orang. Saya tidak hapal semua siapa-siapa dan dari mana. Tapi ada dari Kabupaten Pinrang," ungkapnya.

Baca juga : ICW Curiga Mahar Politik Pilkada 2018 untuk Biayai Pemilu 2019

Lanjut Jamaluddin, urine 5 orang bakal calon peserta Pilkada di Sulsel ini akan kembali diperiksa di laboratorium BNN Pusat di Jakarta. Pemeriksaan lanjutan ini untuk mengetahui jenis obat apa yang dikonsumsi.

"Terkait hasil pemeriksaan lanjutan di BNN pusat, saya tidak bisa ungkapkan. Biar nanti KPU yang beberkan hasilnya bagaimana terkait pemeriksaan yang dilakukan BNN. Jelas kami hanya memeriksa urine para bakal calon, apakah terindikasi morfin, ganja, sabu, ekstasi dan benzoat," tambahnya.

Sementara itu, Ketua IDI Sulsel, dr Muhammad Ichsan Mustari yang dikonfirmasi enggan memberikan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh tim dokter.

"Dalam pemeriksaan kesehatan ada dua yang lakukan, yakni IDI dan BNN. Kami tidak bisa ungkapkan hasil pemeriksaan kesehatan masing-masing pasangan bakal calon peserta pilkada di Sulsel," katanya.

Baca juga : Ini Daftar Mereka yang Mengaku Diminta Mahar pada Pilkada 2018

Kompas TV Nurdin dan Andi Sudirman sudah diumumkan jadi bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel oleh PDIP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com