Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Papua Dinilai Rawan Konflik Pilkada, Ini Tanggapan John Wempi

Kompas.com - 13/01/2018, 19:32 WIB
Kontributor Wamena, John Roy Purba

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Bakal calon Gubernur Papua, John Wempi Wetipo (JWW) menantang seluruh relawannya untuk menciptakan kedamaian dalam gelaran Pilkada Papua 2018.

Hal itu diungkapkan JWW dalam pertemuan dengan seluruh relawan dari 29 kabupaten dan kota di Jayapura, Sabtu (13/1/2018) .

Dia menjelaskan,saat ini penyelenggara pemilu seperti KPU, Bawaslu, dan aparat penegak hukum telah memetakan, pilkada serentak 2018.

Dan, lanjut dia, dalam pemetaan itu Provinsi Papua menjadi daerah dengan tingkat kerawanan konflik pilkada paling atas.

Baca juga : Fakta Seputar Pilkada Papua

"Kalau begitu, mari kita patahkan prediksi mereka. Caranya, kita ciptakan kedamaian bersama. Melakukan kampanye dengan cara-cara cerdas, seperti konsep visi misi kita yakni Papua Cerdas," kata JWW.

"Kalau itu terjadi, maka pesta demokrasi di Papua akan menjadi contoh bagi daerah lain di Indonesia, " tambah politisi berpasangan dengan Habel Melkias Suwae itu.

Pria yang masih menjabat Bupati Jayawijaya itu meminta kepada seluruh relawan untuk tak menggubris berbagai provokasi di media sosial.

Sebab, lanjut dia, jika semua provoksi itu ditanggapi bisa menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat.

"Media sosial itu harus kita manfaatkan. Itu harus. Tapi, kemasannya tak boleh membuat kegaduhan. Lebih baik, gunakan media sosial untuk mengkampanyekan konsep "Papua Cerdas", yang kita gunakan untuk membangun Papua. Kalau ada yang merecoki kerja kita. Abaikan aja. Toh, nanti dia capek sendiri, " kata dia.

JWW yang diusung PDI Perjuangan dan Gerindra itu, meminta kepada seluruh relawannya menjadi ujung tombak, untuk memenangkan pasangan JOSUA (JWW-HMS) pada Pilkada Papua mendatang.

Menurutnya, konsistensi para relawan dilapangan sangat dibutuhkannya, dalam memenangkannya. Ia juga mengharapkan kerja keras tim yang militan hingga ke akar rumput.

Baca juga : Irjen Paulus Waterpauw Batal Ikut Pilkada Papua

Sementara itu, Ketua Relawan Teman John Wempi Wetipo (TJWW), Marcel Morin mengaku sudah memiliki strategi dalam memenangkan pasangan JOSUA.

"Kami ingin ada perubahan di Papua. Kami siap untuk memenangkan JOSUA untuk membawa Papua lebih Cerdas," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com