Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudirman Said: Pendengaran Saya Dicek supaya Mendengarkan Aspirasi Rakyat

Kompas.com - 13/01/2018, 17:07 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Bakal calon gubernur Jawa Tengah Sudirman Said mengaku santai mengikuti tes kesehatan hari kedua di RS Kariadi Semarang, Sabtu (13/1/2018).

"Dari seluruh tes, sejak awal memang tidak ada masalah. Jantung baik, hati juga jauh lebih baik," kata Sudirman kepada awak media.

Adapun, pasangan bakal calon yang mendaftar di Pilkada Jawa Tengah mengikuti tes kesehatan sejak Jumat (12/1/2018). Di hari kedua ini, pasangan calon dites kesehatan jasmani dan rohani. Tes dilakukan secara tertulis dan wawancara.

Sudirman menceritakan, ia dan pesaingnya, Ganjar Pranowo berada di ruang yang sama saat pelaksanaan tes tertulis. Suasana berjalan normal layaknya menggarap soal ujian.

Baca juga: Sudirman Said Mengaku Ongkos Ikut Pilkada Jateng Mahal

"Tadi ngerjain tes bareng, tetapi enggak saling contek," ujarnya.

Selain itu, ia mengaku diperiksa dari ujung kaki hingga ujung kepala saat tes kesehatan jasmani. Pemeriksaan juga dilakukan menyeluruh hingga organ dalam.

Sudirman optimis akan lolos seleksi tes kesehatan.

"(Diperiksa) lengkap dari jempol kaki sampai atas. Dari jantung, paru, napas, gigi mulut, THT (telinga, hidung, tenggorokan). Pendengaran dicek supaya mendengarkan aspirasi rakyat," kata Sudirman. 

Baca juga: Pilkada Jateng, Ganjar Pranowo Head to Head dengan Sudirman Said

Sementara itu, bakal calon gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga terlihat santai saat diperiksa dokter. Ganjar menyempatkan bersepeda sebelum menjalani tes kesehatan.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu mengatakan, tes kesehatan yang dijalani tahun ini lebih banyak ketimbang tes kesehatan pada Pilkada 2013.

"Lebih banyak dari tahun 2013 lalu, ini semua dicek. Cukup panjang dan butuh waktu. Tadi pas selesai, saya tanya dokter, jawabnya sehat," tuturnya.

Kompas TV Calon Gubernur Jawa Tengah Jalani Tes Kesehatan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com