Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pagi Ini, Dua Kabupaten di NTT Diguncang Gempa Bumi

Kompas.com - 13/01/2018, 11:36 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis


KUPANG, KOMPAS.com - Dua kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) diguncang gempa bumi pada Sabtu (13/1/2018) pagi.

Kepala Stasiun Geofisika Kampung Baru Kupang Hasanudin mengatakan, dua kabupaten yang diguncang gempa bumi yaitu Kabupaten Kupang dan Sabu Raijua.

Gempa bumi pertama dengan kekuatan magnitudo 5 skala Richter mengguncang Kabupaten Kupang, yang terjadi pada pukul 05.49 Wita dan berpusat di Laut Sawu.

Hasil analisis oleh BMKG, lanjut Hasanudin, menunjukkan episenter terletak pada koordinat 10,13 derajat Lintang Selatan dan 122,88 derajat Bujur Timur.

"Pusat gempa di laut pada jarak 52 kilometer arah barat Naekean, Kabupaten Kupang, pada kedalaman 68 kilometer,"sebut Hasanudin.

Baca juga: Gempa Bumi 5 SR Guncang Kupang

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG, lanjutnya, menunjukkan guncangan berpotensi dirasakan di Kupang, Naekean, Rote, Akle, Hansisi, Tenau, dan Baun pada skala intensitas I SIG-BMKG atau II MMI.

Selanjutnya, gempa bumi kedua di Sabu Raijua dengan kekuatan magnitudo 3,1 SR terjadi pada pukul 11.34 Wita.

Pusat gempa bumi sekitar 105 kilometer Barat Laut Sabu Raijua atau berada di 9.69 derajat Lintang Selatan dan 121.44 derajat Bujur Timur, dengan kedalaman 21 kilometer.

Kompas TV Aktivitas vulkanik Gunung Agung masih tinggi, ditandai dengan gempa tremor yang terus terjadi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com