Pilkada Manggarai Timur, Lima Paslon Diperiksa Kesehatannya di RS WZ Johannes Kupang - Kompas.com

Pilkada Manggarai Timur, Lima Paslon Diperiksa Kesehatannya di RS WZ Johannes Kupang

Kompas.com - 12/01/2018, 12:06 WIB
Para bakal calon peserta Pilkada Serentak 2018 di Provinsi NTT menjalani tes kesehatan di RSU WZ Johannes Kupang.Kompas.com/Sigiranus Marutho Bere Para bakal calon peserta Pilkada Serentak 2018 di Provinsi NTT menjalani tes kesehatan di RSU WZ Johannes Kupang.

BORONG, KOMPAS.com - Sebanyak lima pasangan bakal calon (paslon) bupati dan wakil bupati yang maju pada Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Manggarai Timur menjalani pemeriksaan kesehatan fisik dan psikis mereka di Rumah Sakit WZ Johannes Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jumat (12/1/2018).

Kelima pasangan ini didampingi oleh staf dari Komisi Pemilihan Umum Manggarai Timur untuk menjalani pemeriksaan kesehatan serta tes narkotika di BNN Kupang.

Demikian dijelaskan Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum Manggarai Timur, Flores, NTT, Adrianus Harmin, kepada Kompas.com di Borong, Jumat (12/1/2018).

Harmin mengatakan, pemeriksaan kesehatan bagi pasangan calon sudah dimulai pada 8 hingga 16 Januari 2018. Kini proses pemeriksaan sedang berlangsung, meliputi pemeriksaan fisik oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Badan Narkotika Nasional (BNN), dan pemeriksaan kesehatan mental yang dilakukan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi).

Baca juga: Pilkada Manggarai Timur, Empat Paslon dari Parpol dan Satu Paslon Perorangan Penuhi Syarat

Harmin menambahkan, teknik pengelolaan sepenuhnya ditangani oleh Komisi Pemilihan Umum NTT. Sebab, agenda pilkada serentak untuk semua kabupaten dan kota di seluruh wilayah NTT diselenggarakan di Kupang.

“Kita menunggu hasilnya setelah dikeluarkan oleh lembaga yang dimaksud,” ujar Harmin.

Harmin menjelaskan, kelima pasangan calon yang menjalani pemeriksaan kesehatan di Kupang yaitu pasangan Frans Sarong-Kasmir Don (Sarong-Kasmir) yang diusung Partai Golkar dan Gerindra. Kedua, pasangan Andreas Agas-Stef Jaghur (paket Aset) yang diusung Partai PAN, PKS, dan PBB.

Ketiga, pasangan Marselis Karong Sarimin-Paskalis Serajudin (paket Merpati) diusung Partai PDI Perjuangan, Demokrat, dan Nasdem. Keempat, pasangan Tarsisius Sjukur-Yoseph Biron Aur (paket Tabir) diusung Partai PKB, Hanura, dan PKPI. Kelima, pasangan perseorangan Bonifasius Uha-Frans Anggal.

“Kelima pasangan ini memenuhi syarat pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum Manggarai Timur setelah diperiksa berkas-berkas administrasi pendaftaran dari Senin (8/1/2018)-Rabu (10/1/2018),” ucap Harmin.


Kompas TV Simak perbincangannya dengan Direktur Eksekutif Indo Baromoter, M Qodari.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorErwin Hutapea
Komentar

Close Ads X