Gempa Bumi Tektonik Guncang Luwu Timur

Kompas.com - 12/01/2018, 11:12 WIB
Lokasi gempa bumi di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Kamis (11/1/2018). Dok. BMKGLokasi gempa bumi di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Kamis (11/1/2018).
|
EditorErwin Hutapea


MAKASSAR, KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik berkekuatan 3,0 skala Richter dengan kedalaman 18 km mengguncang Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Kamis (11/1/2018) sekitar pukul 17.42 Wita.

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar dalam rilisnya menyebutkan, gempa bumi yang berlokasi di darat pada jarak 15 km Barat Laut Malili itu di kedalaman 18 km.

Berdasarkan hasil peninjauan BMKG, dari kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Matano.

Baca juga: BMKG Minta Masyarakat Waspadai Siklon Tropis Irving

"Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi dirasakan di Sorowako: I SIG-BMKG (I - II MMI). Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh beberapa orang," kata Kepala BMKG Wilayah IV Makassar, A Fachri Radjab.

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini, lanjut Fachri, menunjukkan belum terjadi gempa bumi susulan dan belum ada laporan kerusakan.

"Terkait dengan peristiwa tersebut, masyarakat yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbuhnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X