Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bumi Tektonik Guncang Luwu Timur

Kompas.com - 12/01/2018, 11:12 WIB
Hendra Cipto

Penulis


MAKASSAR, KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik berkekuatan 3,0 skala Richter dengan kedalaman 18 km mengguncang Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Kamis (11/1/2018) sekitar pukul 17.42 Wita.

Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar dalam rilisnya menyebutkan, gempa bumi yang berlokasi di darat pada jarak 15 km Barat Laut Malili itu di kedalaman 18 km.

Berdasarkan hasil peninjauan BMKG, dari kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Matano.

Baca juga: BMKG Minta Masyarakat Waspadai Siklon Tropis Irving

"Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi dirasakan di Sorowako: I SIG-BMKG (I - II MMI). Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh beberapa orang," kata Kepala BMKG Wilayah IV Makassar, A Fachri Radjab.

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini, lanjut Fachri, menunjukkan belum terjadi gempa bumi susulan dan belum ada laporan kerusakan.

"Terkait dengan peristiwa tersebut, masyarakat yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbuhnya.

Kompas TV 13 tahun silam, gempa dan tsunami melanda Aceh. Meski sempat terpuruk, tetapi masyarakat Aceh perlahan bangkit dan mulai berbenah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com