Jadi Cagub Termuda, Ridwan Kamil Optimistis Lolos Tes Kesehatan - Kompas.com

Jadi Cagub Termuda, Ridwan Kamil Optimistis Lolos Tes Kesehatan

Kompas.com - 11/01/2018, 19:19 WIB
Bakal calon gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat diwawancarai usai menjalani tes kesehatan di RSHS Bandung, Kamis (11/1/2018).KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI Bakal calon gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat diwawancarai usai menjalani tes kesehatan di RSHS Bandung, Kamis (11/1/2018).

BANDUNG, KOMPAS.com - Bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil rampung menjalani 11 jam proses tes kesehatan di Paviliun Parahyangan Rumah Sakit Hasan Sadikin ( RSHS) Bandung, Kamis (11/1/2018).

Ridwan optimistis mendapat hasil pemeriksaan yang baik. Sebab, secara usia ia merupakan kontestan Pilkada paling muda dengan kondisi fisik yang masih prima.

"Selanjutnya tinggal konsolidasi, mudah-mudahan tidak ada halangan dari kesehatan yah. Kan dalam catatannya memang kadang-kadang suka menjadi isu, tapi kami berdua kebetulan alhamdulilah mungkin usianya relatif paling muda jadi secara fisik masih prima alhamdulillah," ucap Ridwan, Kamis sore.

Pria yang akrab disapa Emil itu menuturkan, ada banyak rangkaian tes yang ia lalui. Dari mulai tes fisik, pemeriksaan penyakit dalam, hingga psikotes.

(Baca juga : Kontestan Pilkada Jabar Akhiri 11 Jam Tes Kesehatan dengan Selfie )

"Ya fisikal pisan ada treadmill 15 menit dan psikotes yang paling susah tanya jawab psikologi, motivasi, dan lain-lain, cek penyakit dalam jantung dan segala rupa. Alhamdulillah lancar kebetulan sudah berlatih jogging juga berminggu-minggu sebelumnya jadi pas 15 menit aman terkendali," tuturnya.

Emil mengatakan, psikotes menjadi sesi paling melelahkan. Sebab, para kontestan dicecar seratusan pertanyaan seusai menjalani tes fisik.

"Saya jawab hampir 90 persen, susah-susah gampang, tidak mudah. Psikotesnya di akhir jadi sudah rada puyeng, disuruh mikir tapi alhamdulillah lancar insya Allah," katanya.

Secara umum, lanjut Emil, tes kesehatan untuk calon gubernur lebih melelahkan dibandingan tes kesehatan untuk calon wali kota dan bupati. Sebab, semua tes dijalankan secara maraton selama sehari.

(Baca juga : Tes Kesehatan 11 Jam, Dokter Sebut Calon di Pilkada Jabar Punya Fisik dan Mental Tangguh )

"Waktu lima tahun lalu beda. Kalau Pilwalkot itu dua hari. Kenapa agak lelah karena dimaratonkan dari dua hari menjadi sehari," jelasnya. 

Kompas TV Dewan Pimpinan Pusat Partai Hanura menyetujui Ridwan Kamil dan UU Ruzhanul Ulum maju Pilgub Jawa Barat.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorReni Susanti
Komentar

Close Ads X