Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Kejiwaan, Emil Dardak Lelah, Gus Ipul Tanpa Persiapan

Kompas.com - 11/01/2018, 17:32 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Dua pasangan calon cagub dan cawagub Pilkada Jatim menjalani tes psikiatri atau kejiwaan di RSU dr Soetomo Surabaya, Kamis (11/1/2018). Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Emil Elistyanto Dardak mengaku lelah karena kurang istirahat.

Saifullah Yusuf (Gus Ipul) keluar dari ruang tes sekitar pukul 13.00 WIB. Kepada wartawan, dia mengaku tidak ada persiapan khusus untuk tes kejiwaan. "Semalam begadang, tidak ada persiapan khusus," kata Gus Ipul.

Kata Gus Ipul, tes kejiwaan yang dijalani hari ini sama seperti tes-tes sebelumnya yang pernah dijalaninya saat maju menjadi cawagub Jatim. "Hanya saja tes tadi lebih rinci," jelasnya.

Sementara itu, Cawagub Jatim Emil Elistyanto Dardak, mengaku sangat lelah saat menjalani tes kejiwaan. Bupati Trenggalek itu mengaku mendadak mendapat kabar tes kejiwaan hari ini. "Saya baru sampai Trenggalek, akhirnya harus balik lagi ke Surabaya untuk ikut tes," ucapnya.

(Baca juga : Hasto: Partai Pengusung Utama Gus Ipul-Puti Tetap PDI-P dan PKB )

Direktur RSU dr Soetomo, Harsono mengatakan, pemeriksaan untuk para pasangan calon ini dilakukan selama dua hari. Untuk hari pertama mereka menjalani tes psikiatri, kemudian pada hari kedua menjalani tes kesehatan.

"Waktunya empat jam, untuk tes psikiater, yaitu wawancara dan tes tulis. Untuk tes kesehatan dilakukan besok, meliputi pemeriksaan fisik dan pemeriksaan narkoba melibatkan BNN. Waktunya bisa satu hari," kata Harsono. 

Kompas TV Simak pembahasannya dalam Sapa Indonesia Malam berikut ini
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com