Hari Terakhir, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Mendaftar ke KPU - Kompas.com

Hari Terakhir, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Mendaftar ke KPU

Kompas.com - 10/01/2018, 21:36 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Di hari terakhir pendaftaran Pilkada Sulawesi Selatan, Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang, datang bersama pasangannya purnawirawan TNI Mayjen Tanribali Lamo ke kantor KPU Sulsel untuk mendaftar Pilkada Sulsel, Rabu (10/1/2018) petang.

Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Agus-TBL ini merupakan pasangan terakhir dari empat kandidat yang mendaftar di Pilkada Sulsel. Agus-TBL mendaftar dengan diusung tiga partai yakni Gerindra, PPP, dan PBB.

Berkas pendaftaran pasangan Agus Arifin Nu'mang-Tanribali Lamo (Agus-TBL) akhirnya dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU Sulsel. Verifikasi berkas pasangan Agus-TBL cukup lama, lantaran KPU Sulsel berkonsultasi dengan KPU RI atas berkas usungan Parpol PPP.

Saat itu, partai PPP menyatakan dukungannya kepada dua pasangan lainnya yakni Nurdin Halid-Azis Qahhar Mudzakkar (NH-Azis) dan pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Musakkar (IYL-Cakka).

Baca juga : Nurdin Abdullah - Andi Sudirman Daftar Pertama di Sulsel

"Setelah kami video call dengan pihak KPU RI terkait adanya pengalihan dukungan dari PPP dan setelah menghitung jumlah kursi usungan pasangan Agus-Tanribali Lamo, maka jumlahnya 19 kursi. Dengan demikian,  pencalonan Agus-Tanribali Lamo sudah memenuhi syarat," tegas Ketua KPUD Sulsel Iqbal Latief.

Meski telah dinyatakan syarat pendaftaran Agus-TBL telah memenuhi syarat, Iqbal mengungkapkan masih ada beberapa berkas administrasi yang perlu dilengkapi oleh pasangan ini sebelum penutupan pendaftaran Pilkada Sulsel pada pukul 24.00 Wita.

Dari surat pemberitahuan yang diterima KPU Sulsel, pasangan Agus-TBL adalah kandidat terakhir yang mendaftar.

Sebelumnya, Bupati Bantaeng, Nurdin Abdullah berpasangan dengan adik Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yaitu Andi Sudirman Sulaiman (NA-Andalan) mendaftar pertama di KPU Sulsel pada hari pertama, Senin (8/1/2018).

NA-Andalan mendaftar di Pilkada Sulsel dengan usungan 4 partai yakni PDI-P, PAN, PKS dan PSI.

Kemudian disusul oleh pasangan NH-Azis yang diusung oleh 5 partai pengusung yakni Golkar, Nasdem, Hanura, PKB dan PKPI. Di samping itu, ada pula PPP kubu Djan Faridz yang ikut sebagai parpol pendukung.

Pasangan ketiga adalah adik Gubernur Sulsel Syahrul Yasin limpo yaitu Ichsan Yasin Limpo juga berpasangan dengan adik Azis yaitu Andi Musakkar (IYL-Cakka).  Berbeda dengan pasangan lain, mereka ikut Pilkada Sulsel lewat jalur independen atau jalur perseorangan. Meski lewat jalur perseorangan, IYL-Cakka juga diusung oleh partai Demokrat dan PPP.

Setelah dinyatakan berkas memenuhi persyaratan, empat pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel ini akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RS Wahidin Sudirohusodo, Makassar, mulai Kamis besok tanggal 11-12 Januari.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorAmir Sodikin
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X