Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ichsan Yasin Limpo-Andi Musakkar Resmi Daftar Pilkada Sulsel

Kompas.com - 10/01/2018, 11:56 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Adik kandung Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo (SYL), Ichsan Yasin Limpo (IYL), mendaftar di KPU dan resmi ikut dalam Pilkada Sulsel melalui jalur perseorangan atau jalur independen, Rabu (10/1/2018).

IYL berpasangan dengan Andi Musakkar (Cakka) yang tak lain adalah adik Abdul Azis Qahhar Mudzakkar, yang juga ikut maju pada Pilkada Sulsel berpasangan dengan Nurdin Halid.

Setelah menyerahkan berkas persyaratan melalui jalur Independen, pasangan IYL-Cakka dinyatakan telah memenuhi syarat pendaftaran.

Namun, surat dukungan jalur perseorangan yang dianggap kurang harus dilakukan perbaikan agar memenuhi target sebelum waktu yang telah ditetapkan oleh KPU Sulsel.

Baca juga : Golkar Bantah Dukung Nurdin Abdullah di Pilkada Sulsel

Meski ikut Pilkada Sulsel melalui jalur perseorangan, IYL-Cakka mendapat dukungan dari Partai Demokrat dan PPP.

"Setelah kami memeriksa berkas pendaftaran pasangan bapak Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar, maka syarat pencalonan dinyatakan sudah memenuhi syarat," kata Ketua KPU Sulsel, Iqbal Latief, saat ditemui usai pendaftaran IYL-Cakka di Kantor KPU Sulsel, Jl AP Pettarani, Makassar, Rabu (10/1/2017).

Baca juga : Gerindra Resmi Usung Agus Arifin Numang-Tanribali Lamo pada Pilkada Sulsel

Selanjutnya, kata Iqbal, pihaknya akan melakukan penelitian terhadap syarat pasangan calon. Dia pun mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan LO IYL-Cakka perihal hal-hal yang akan dilakukan perbaikan.

Pada 18-20 Januari 2018, KPU Sulsel melakukan penerimaan dari syarat yang akan diperbaiki. Tahapan selanjutnya, pada 11 dan 12 Januari 2018, KPU Sulsel akan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh Bapaslon yang telah mendaftar.

Baca juga : Ramaikan Pilkada Sulsel, Nurdin Halid Akan Gelar Deklarasi 5 Hari

"Pemeriksaan Bapaslon hanya bisa dilakukan di Rumah Sakit Wahidin karena direkomendasikan untuk Rumah Sakit tipe A," ujarnya.

Kompas TV Nurdin dan Andi Sudirman sudah diumumkan jadi bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel oleh PDIP.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com