Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Jateng Nyatakan Syarat Dukungan Ganjar-Yasin Sudah Lengkap

Kompas.com - 10/01/2018, 05:26 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah menyatakan bahwa berkas dokumen pendaftaran Ganjar Pranowo dan Taj Yasin untuk Pilkada Jateng 2018 telah lengkap.

Hal itu dinyatakan setelah tim verifikasi KPU disaksikan perwakilan partai koalisi mengecek dokumen terkait hingga tuntas.

"Dukungan paslon lengkap (pasangan calon) dan kami terima," kata ketua KPU Jateng Joko Purnomo, Selasa (9/1/2018) sore.

Proses pendaftaran dilakukan kedua calon tersebut sejak pukul 15.20 WIB. Tim KPU bersama perwakilan koalisi melakukan pengecekan berkas pendaftaran. Pengecekan akhirnya tuntas sekitar pukul 16.12 WIB.

Joko mengundang keduanya untuk menghadiri persiapan pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan di RSUP Dr Kariyadi Semarang.

"(Kamis) tanggal 11 malam, briefing untuk persiapan pemeriksaan di RS Kariyadi. (Jumat) 12 Februari penetapan pasangan calon," kata dia.

Komisioner KPU Jateng Muslim Aisha menambahkan, berkas Ganjar-Yasin telah diteliti secara seksama selama 45 menit. Setelah pemeriksaan dokumen itu, paslon diberi tanda terima pendaftaran.

"Semua tadi dinyatakan lengkap. Kalau enggak lengkap kami tidak memberi tanda terima. Tadi sudah lengkap," ujarnya.

Ganjar-Yasin mendaftar ke KPU Jateng dengan naik andong dari kantor DPD PDI-P Jateng di Jalan Brigend Katamso menuju Kantor Gubernur Jateng. Dari situ rombongan jalan kaki ke kantor KPU di Jalan Veteran Semarang.

Sejumlah pihak ikut mengantarkan pasangan ini. Selain tim sukses dan relawan, sejumlah kepala daerah di Jateng juga ikut mengantarkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com