Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Delman, "Bang Somat" Daftar ke KPU untuk Pilkada Temanggung

Kompas.com - 09/01/2018, 18:31 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati, Bambang Sukarno dan Matoha (Bang Somat) mendaftar ke KPU Kabupaten Temanggung untuk maju ke Pilkada Temanggung 2018 ini, Selasa (9/1/2018).

Keduanya tampak mengenakan batik merah bermotif daun tembakau, lalu naik dokar atau delman dari kantor DPC PDI-P Temanggung ke kantor KPU yang berjarak sekitar 1 kilometer. Sementara ratusan pendukungnya mengikuti dari belakang dengan berjalan kaki.

Rombongan pasangan yang diusung PDI-P dan PKB itu diterima Ketua KPU Temanggung Sujatmiko berserta empat komisioner lainnya. Pasangan ini merupakan pendaftar pertama sejak KPU membuka pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Temanggung periode 2018-2023, Senin 8 Desember 2018 kemarin.

Bambang Sukarno menyatakan dirinya yakin bisa melanjutkan pembangunan Kabupaten Temanggung menjadi lebih baik. Bambang merupakan bakal calon bupati petahana yang direkomendasikan Ketua Umum DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri.

"Saya sudah banyak membangun dan ingin melanjutkan pembangunan lagi di Temanggung jika diberi kepercayaan rakyat. Saya yakin bersama Pak Matoha bisa memenangi pilkada,” ucap Bambang.

Baca juga : Koalisi Nasdem, Demokrat, dan Hanura Usung Haryo-Irawan pada Pilkada Temanggung

Begitu pula dengan Matoha. Ia optimistis bisa memajukan kota kelahirannya ini, baik dari segi ekonomi, pertanian hingga pariwisata. Matoha adalah Ketua DPC PKB Temanggung yang mendapat mandat DPP partai ini untuk mendampingi Bambang Sukarno.

“Saya lahir dan besar dari petani tembakau, tentu saya akan perjuangkan mereka. Selain itu, saya juga akan kembangkan sektor pariwisata Kabupaten Temanggung,” ungkapnya.

Ketua Desk Pilkada DPC PKB Temanggung, Muh Amin, menilai, koalisi PDI-P dan PKB adalah ideal. Koalisi "merah" dan "hijau" berarti kolaborasi antara jiwa nasionalis dan religius.

"Pokoknya Indonesia banget. Inilah pemimpin zaman now. Dengan kekuatan PDI-P yang merupakan partai pemenang dan PKB partai pemenang kedua di Temanggung, Bang Somat bisa menang,” tegasnya.

Ketua KPU Temanggung Sujatmiko, menyatakan berkas persyaratan pendaftaran pasangan "Bang Somat" sudah lengkap setelah diperiksa.

Baca juga : Pilkada Magelang dan Temanggung Dipastikan Tanpa Paslon Perseorangan

Berkas persyaratan tersebut antara lain surat dukungan parpol pengusung hingga syarat-syarat pribadi, seperti daftar riwayat hidup, foto kopi KTP, Ijazah, SKCK, daftar kekayaan diri dan lainya.

Selanjutnya, pasangan ini akan akan mengikuti tahapan berikutnya, yakni pemeriksaan kesehatan di RSUD Moewardi Solo, pada 12 hingga 13 Januari 2018.

Kompas TV Sejumlah warga dan relawan dari berbagai instansi, bergotong royong membersihkan sungai yang sempat viral di media sosial, beberapa waktu yang lalu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com