Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koalisi PKB dan PDI-P Dipastikan Solid di Pilkada Jawa Timur

Kompas.com - 09/01/2018, 15:11 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memastikan koalisinya dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) di Pilkada Jawa Timur akan berjalan solid.

"Saya pastikan PKB dan PDI-P solid di Pilkada Jatim sesuai komitmen awal," kata Ketua DPW PKB Jatim, Halim Iskandar, Selasa (9/1/2018).

Soal siapa wakil yang akan diusung cagub Saifullah Yusuf (Gus Ipul) pengganti Abdullah Azwar Anas, kata Halim, PKB menunggu keputusan DPP PDI-P yang rencananya akan diumumkan sore nanti.

"Kita tunggu saja apapun keputusanya. Yang pasti PKB-PDI-P solid di Pilkada Jatim," jelasnya.

Kejadian mundurnya bupati Banyuwangi dari posisi cawagub karena diserang kampanye hitam, menurut dia sudah bisa diatasi oleh PDI-P, dan itu menurutnya sudah hal biasa dalam politik.

Di Pilkada Jatim, PKB yang memiliki 20 kursi di DPRD Jatim memilih berkoalisi dengan PDI-P yang memiliki 19 kursi di DPRD Jatim. Koalisi ini disebut menggambarkan bersatunya kekuatan nasionalis dan religius. PDI-P melambangkan kekuatan nasionalis, sementara PKB menggambarkan kekuatan religius yang diwakili dengan simbol Nahdlatul Ulama (NU).

Baca juga : Pilkada Jatim, PDI-P Belum Putuskan Pengganti Azwar Anas

Sebelumnya, koalisi ini dikabarkan pecah setelah Azwar Anas mengembalikan mandat sebagai cawagub Jatim ke PDI-P dengan merapatnya koalisi poros tengah yang berisi Partai Gerindra, PAN, dan PKS ke Gus Ipul.

Kompas TV Bagi Anas, perlakuan terhadap dirinya sudah kerap ia terima.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com