Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 9 Agenda PKB yang Dititipkan ke Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum

Kompas.com - 08/01/2018, 22:10 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB) menitipkan 9 Agenda Jawa Barat Lahir Batin sebagai program yang wajib dilakukan dan didorong oleh pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum jika terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur periode 2018-2023.

Pasangan tersebut menyetujui agenda dari PKB dengan cara menandatangani pakta integritas.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Barat Syaiful Huda mengatakan, 9 Agenda Jawa Barat lahir batin dititipkan sebagai pengganti karena tidak terpilihnya kader PKB sebagai calon wakil gubernur pendamping Ridwan Kamil di Pilkada Jawa Barat 2018.

“Kita memang tidak bisa mendorong kader sebagai wakil, namun kita ganti dengan 9 agenda Jabar Juara Lahir Batin versi PKB," kata Huda saat ditemui di kantor DPW PKB Jawa Barat, Jalan Haruman, Kota Bandung, Senin (8/1/2018).

Wakil Ketua DPW PKB sekaligus ketua Fraksi PKB DPRD Jawa Barat, Oleh Soleh merinci 9 agenda dari PKB itu. Pertama adalah menggerakkan, menjaga dan memfasilitasi pembangunan dan pengembangan pesantren, masjid dan tajug, keberlangsungan madrasah diniyah dan majelis taklim dengan memperhatikan kesejahteraan guru ngaji.

Baca juga : PKB Titipkan 9 Agenda Lahir Batin pada Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum

Kedua, lanjut Oleh, adalah penguatan kesejahteraan ekonomi umat Jabar, dengan menciptakan saudagar santri dan meningkatkan kapasitas UMKM melalui pemberian akses jejaring ekonomi dan pendampingan yang intensif.

Ketiga, membuka lapangan kerja baru, menciptakan ekonomi kreatif dengan cara menumbuh kembangkan entrepreneur muda urban dan desa untuk mengurangi pengangguran di Jawa Barat.

Lalu keempat, menjamin keberlangsungan pasar tradisional dan warung rakyat dengan sistem zonasi retail modern dan merevitalisasi pasar tradisional;

“Kelima, meningkatkan pendapatan petani dan nelayan dengan cara penciptaan skala ekonomi, melalui pengembangan program unggulan kawasan pedesaan (cluster ekonomi),” tuturnya

Agenda keenam, mengarusutamakan kelompok perempuan melalui pemberdayaan usaha ekonomi, serta meningkatkan akses dan pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Ketujuh, mewujudkan pemerataan ekonomi dan keadilan pembangunan di Jawa Barat melalui percepatan pemekaran, pembangunan megapolitan, dan pembangunan kawasan Jabar Selatan.

Baca juga : Ridwan Kamil: Kami Berdua Sementara Nama Pasangannya Rindu

Delapan, mengurangi tingkat kemiskinan dengan mempercepat pelaksanaan program reforma agraria dan perhutanan sosial melalui redistribusi tanah dan legalisasi aset untuk masyarakat Jawa Barat.

"Terakhir, kesembilan adalah mendorong percepatan kemandirian ekonomi desa dengan cara menggerakkan dan pengembangan BUM Desa, pariwisata desa, serta pengalokasian dana desa dari APBD provinsi sebagai dana pendamping dana desa dari APBN,” tandas Oleh.

Kompas TV Ridwan Kamil berpasangan dengan Ruzhanul Ulum.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com