Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Jokowi Bertemu Siswa SD yang Mirip Dirinya...

Kompas.com - 08/01/2018, 19:34 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo berkunjung ke SMK 3 Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (8/1/2018).

Kunjungan Jokowi ke sekolah itu untuk membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada 1.148 pelajar SD hingga SMA yang ada di Kota Kupang.

Seperti biasa, saat memberikan sambutannya, Jokowi memanggil beberapa siswa untuk maju ke atas panggung guna menjawab pertanyaan yang diberikan.

Satu di antaranya, Viktor Misa, siswa salah satu SD di Kota Kupang. Jokowi menyebut Viktor mirip dirinya waktu masih kecil.

"Anak ini persis seperti saya waktu masih SD. Badannya kurus dan tingginya mirip saya," kata Jokowi sambil membuka topi milik Viktor.

(Baca juga : Pelajar SMA di Kupang Berebut Buku dan Kaus dari Jokowi)

Jokowi kemudian meminta Viktor untuk menjawab pertanyaan yang ia ajukan. Jokowi bertanya soal nama tujuh pulau yang ada di Indonesia. Pertanyaan Jokowi dijawab benar oleh Viktor, sehingga langsung diberikan hadiah berupa satu unit sepeda.

Dalam sambutannya, Jokowi berharap agar semua pelajar di seluruh Indonesia bisa bersaing dalam segala bidang dengan negara lain, sehingga pengetahuan dasar yang baik harus ditanamkan secara dini.

"Ya anak-anak kita harus bisa bersaing dengan negara lain. SDM kita juga bisa bersaing dengan negara lain itu aja. Teknisnya untuk mencapai itu ya mereka harus memiliki pengetahuan yang baik, keterampilan yang baik, memiliki nilai-nilai terutama IPS, IPA, yang kreditnya berada di posisi teratas negara lain ya,” ujarnya.

Jokowi bersama Ibu Negara Iriana dan rombongan, akan melakukan kunjungan kerja di NTT selama dua hari, yakni 8-9 Januari.

(Baca juga : Jokowi: Uang Kartu Indonesia Pintar Jangan Dipakai untuk Beli Pulsa )

Seusai memberikan PIP, kuliah umum, dan sertifikat tanah, mereka akan bertolak dan menginap di Kabupaten Rote Ndao.

Kompas TV Presiden didampingi ibu negara Iriana Joko Widodo dan sejumlah menteri kabinet kerja.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com