Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKB Serahkan Surat Rekomendasi untuk Ridwan Kamil-Uu Rhuzanul Ulum

Kompas.com - 08/01/2018, 16:01 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Dukungan untuk pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dalam Pilkada Jawa Barat telah komplit.

Hal itu ditandai dengan surat rekomendasi yang diserahkan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Barat untuk bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat di kantor DPW PKB Jabar, Jalan Haruman, Kota Bandung, Senin (8/1/2018). 

Bakal calon gubernur Ridwan Kamil mengatakan bersyukur seluruh surat dukungan parpol sebagai syarat untuk pendaftaran ke KPU telah komplit.

Sebelum PKB, Partai Nasdem, Hanura, dan PPP telah lebih dulu memberikan surat rekomendasi dukungan di DPP masing-masing.

“Alhamdulillah, hari ini tanggal 8 Januari 2018 seluruh surat-surat yang dibutuhkan untuk pendaftaran ke KPU sebagai calon gubernur dan wakil gubernur sudah lengkap. Hari ini menandai selesai dukungan dari empat partai,” kata Ridwan Kamil di sela-sela penyerahan surat rekomendasi.

(Baca juga: Nasdem Larang Ridwan Kamil Masuk Partai Politik jika Menang Pilkada )

Semula, surat rekomendasi calon pasangan akan disampaikan pada Minggu (7/12/2017) di kantor DPP PKB Jakarta. Namun, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar berhalangan hadir.

Muhaimin kemudian mengintruksikan Syaiful Huda mewakili ketum DPP PKB untuk menyerahkan langsung kepada pasangan Ridwan Kamil-Uu Rhuzanul Ulum di Bandung.

“Kenapa di Bandung, teknis saja. Kami pahami semua partai sibuk,” ucap Ridwan Kamil.

Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda menjelaskan, surat dukungan tersebut menandakan polemik calon wakil gubernur pendamping Ridwan Kamil telah berakhir.

“Saya diminta ketua umum (PKB) untuk menyerahkan surat rekomendasi hari ini. Perdebatan siapa wakil Kang Emil kami tutup hari ini. Yang paling penting Kang Emil harus ikut kompetisi dan memenangkan Pilkada Jawa Barat itu di atas segalanya,” ujar Huda.

(Baca juga: Ridwan Kamil Akan Fokus di Perkotaan, Uu Fokus di Program Desa )

Sementara itu, juru bicara partai koalisi pengusung Ridwan Kamil, Saan Mustopha menuturkan, setelah dukungan lengkap, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan pasangan ke KPU Jabar, Selasa (9/1/2018), sekitar pukul 09.00 WIB.

Pendaftaran akan diawali dengan shalat hajat di Lapangan Sidolig Kota Bandung. "Selanjutnya, tanggal 14 Januari akan ada rapat akbar untuk memperkenalkan pasangan ini kepada seluruh warga Jawa Barat," ujarnya. 

Kompas TV Ridwan Kamil berpasangan dengan Ruzhanul Ulum.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com