Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Gunung Kidul, Pengunjung Temukan Penyu Mati di Pantai Sepanjang

Kompas.com - 08/01/2018, 06:42 WIB
Markus Yuwono

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Seekor penyu berukuran besar ditemukan warga terdampar dalam keadaan sudah membusuk di kawasan Pantai Sepanjang Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta, Minggu (7/1/2018) pagi. Penyu yang mirip dengan penyu hijau itu oleh masyarakat lokal disebut kintel dan langsung dikubur.

Sekretaris SAR Satlinmas Korwil II Gunung Kidul Surisdiyanto mengatakan, penyu itu ditemukan pengunjung Pantai Sepanjang dan dilaporkan kepada tim SAR Satlinmas. Saat ditemukan, bangkai penyu itu sudah mulai membusuk dan mengeluarkan cairan, menurut perkiraan kemungkinan sudah mati lebih dari dua hari lalu.

"Tidak ada bekas mati karena ditombak atau kena jaring, kemungkinan karena sakit karena ada pembengkakan pada mata dan berdarah," kata Surisdiyanto saat dihubungi, Minggu.

Dia mengatakan tidak mengetahui pasti jenis penyu tersebut, tetapi oleh warga sekitar disebut penyu kintel dan langsung dikubur tim SAR. "Bobotnya lebih kurang 25 kilogram. Warga di sini menyebutnya penyu kintel," ucapnya.

Baca juga: Jual Telur Penyu, Dua Orang di Jember Ditangkap Polisi

Suris mengatakan, di wilayah pantai selatan memang banyak ditemukan penyu. Namun, sejak adanya larangan, warga sekitar pesisir selatan tidak lagi berani mengambil penyu dan memilih melaporkan jika menemukan penyu. "Sepengetahuan saya, semua penyu dilindungi sehingga masyarakat tidak berani menangkap," ujarnya.

Salah seorang warga pesisir selatan, Adhitya, mengaku, setahun lalu dirinya menemukan penyu hijau mati di Pantai Nglambor, Purwodadi, Tepus. Warga sekitar tidak ada yang berani mengambil dan membiarkan terombang-ambing di lautan. "Warga takut dan memilih membiarkan bangkainya di lautan. Jika sudah ke tepian, baru dikuburkan," ucapnya.

Dinas Kelautan dan Perikanan Gunung Kidul beberapa waktu lalu sudah melakukan survei pantai yang sering digunakan sebagai pendaratan penyu. Adapun lokasi yang disurvei sebanyak 25 pantai yang terindikasi menjadi lokasi pendaratan penyu.

Beberapa di antaranya Pantai Butuh, Ngulen, Ngedan, Soridam. Karawak, dan Piyuyon. Untuk pantai yang memiliki potensi tinggi ada enam pantai, yakni Pantai Woh Kudu, Kayu Arum, Porok, Ngrumput, Seruni, dan Ngitun.

Kompas TV Ribuan anak penyu atau tukik dilepasliarkan di pusat kawasan konservasi penyu Pantai Kili-Kili, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com