Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Cinta dari Solo untuk Yon Koeswoyo

Kompas.com - 07/01/2018, 11:00 WIB
Labib Zamani

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Poster berukuran sekitar 1 x 1 meter terpasang di arena Car Free Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi di Solo, Jawa Tengah, Minggu (7/1/2018).

Poster tersebut terpajang foto gitaris dan vokalis band Koes Plus, Yon Koeswoyo. Di bawah foto itu tertulis "Rip Yon Koeswoyo".

Di depan poster tersebut terdapat puluhan kertas pesan cinta terhadap Sang Pahlawan Seniman pencipta lagu. Sementara di balik kertas pesan cinta itu tertulis pesan dari para pengunjung CFD.

"Selamat jalan Sang Legendaris, Om Yon", "Selamat jalan Om Yon, terima kasih atas karya yang telah menghiasi musik Indonesia". Itulah beberapa pesan yang pengunjung tulis di kertas pesan cinta tersebut.

Baca juga : Yon Koeswoyo Siapkan David sebagai Penerusnya di Jalur Musik

Yon Koeswoyo meninggal dunia pada usia 77 tahun di kediamannya di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan pada Jumat, 5 Januari 2018.

Lebih dari 600 karya lagu telah diciptakan. Di antaranya Pagi Yang Indah, Telaga Sunyi, Bus Sekolah dan lainnya.

Salah seorang pengunjung CFD, Winda mengaku, kalau dirinya merupakan penggemar berat Koes Plus. Lagu-lagu ciptaan Koes Plus tidak hanya sekedar populer dan menghibur.

Namun, semua lagu Koes Plus juga menginspirasi anak muda hingga sekarang. Terbukti penggemar Koes Plus tak hanya dari kalangan dewasa atau orang tua, tetapi juga banyak dari kalangan anak muda.

Baca juga : Yon Koeswoyo dan Lagu yang Abadi

"Contohnya lagu yang paling saya sukai itu Kolam Susu. Kalau didengarkan musik dan lagunya itu enak," ungkap Winda, warga Kalimantan kepada Kompas.com seusai menulis pesan cinta untuk Yon Koeswoyo.

Dirinya pun berpesan agar generasi penerus terutama pecinta musik dapat meneruskan perjuangan Yon Koeswoyo dalam menciptakan lagu yang menginspirasi bagi masyarakat dan penggemarnya.

Sementara penggagas acara, Haristanto mengatakan, pesan cinta yang diselenggarakan di arena CFD tersebut bertujuan untuk mengenang atas meninggalnya gitaris dan vokalis Koes Plus, Yon Koeswoyo.

"Juga memberikan kesempatan bagi para masyarakat atau pengunjung untuk mengungkapkan pesan cinta untuk Yon Koeswoyo," terang dia.

Kompas TV Vokalis band legendaris Koes Plus, Yon Koeswoyo, Sabtu (6/1) siang dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com