Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG Minta Masyarakat Waspadai Siklon Tropis Irving

Kompas.com - 06/01/2018, 17:08 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis


GORONTALO, KOMPAS.com –  Setelah siklon Dahlia dan Cempaka, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dampak Siklon Tropis Irving.

Siklon ini memberikan dampak terhadap cuaca di Indonesia berupa  hujan lebat dan gelombang laut hingga 4 meter.

Hujan lebat dapat terjadi di Bengkulu, Lampung dan Sumatera Selatan. Gelombang tinggi hingga 4 meter bisa terjadi di perairan Bengkulu dan Pulau Enggano, perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Samudera Hindia barat Sumatera, perairan selatan Banten, Samudera Hindia Selatan Banten.

“Peringatan ini dikeluarkan oleh Tropical Cyclone Warning Centre (TCWC) BMKG,” kata Indar Adi Waluyo, Kepala BMKG Gorontalo, di Gorontalo, Sabtu (6/1/2018).

Dalam rilisnya, Siklon Tropis Irving pada pagi tadi berada di sekitar 1470 km barat daya Bengkulu dengan arah gerak barat barat daya, kecepatan 7 knots (13 km/jam).

“Siklon bergerak menjauhi wilayah Indonesia dengan kecepatan angin maksimum 40 knots  atau 75 km per jam. Diprediksi pada besok pagi posisinya terus menjauhi wilayah Indonesia sekitar 2.020 km sebelah barat daya Bengkulu, dengan arah gerak barat daya dengan kecepatan Angin 45 knots  atau 85 km per jam,” kata Indar.

Meski terus menjauhi wilayah Indonesia, Siklon Irving ini memiliki keceatan angin yang terus bertambah. Diprediksi pada Senin depan kecepatannya mencapai 50 knots atau 95 km per jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com