Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Rumah di Karawang Terendam Banjir

Kompas.com - 04/01/2018, 09:00 WIB
Farida Farhan

Penulis

KARAWANG, KOMPAS.com - Curah hujan tinggi dua hari terakhir menyebabkan ratusan rumah di dua lokasi Kecamatan Cikampek, Karawang, terendam banjir, sejak Rabu (3/1/2017) sore.

Salah seorang petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Kaming mengatakan, di Perumahan BMI, Desa Dawuhan Tengah, Kecamatan Cikampek, sebanyak 450 rumah dengan 640 kepala keluarga (KK) atau 2.250 terdampak banjir tersebut.

"Pada pukul 18.30 WIB air mulai menggenang hingga ketinggian 70 hingga 80 centimeter," katanya.

Kaming mengungkapkan, banjir juga menggenangi 35 rumah di Dusun Pejaten, Desa Dawuhan Tengah, Kecamatan Cikampek. Sedikitnya 85 jiwa terdampak banjir tersebut.

"Di tempat ini ketinggian air mencapai 90 centimeter," katanya.

Selain curah hujan tinggi, tambahnya, banjir diperkirakan kiriman dari Situ Kamojing, Cikampek, yang tak mampu lagi menampung air.

Berdasarkan pantauan Kompas.com hingga Kamis (4/1/2018) pagi, ketinggian air masih sekitar 30 centimeter. Sementara warga masih bertahan di rumah masing-masing.

Baca juga : Banjir Meluas, Warga Lima Desa di Aceh Utara Mengungsi

Salah seorang warga Perum BMI, Lulu, mengatakan, perumahan tersebut memang langganan banjir. Oleh karena itu, ia meminta pemerintah bersama pihak terkait segera mengambil langkah menangani banjir tersebut.

"Sudah biasa perumahan ini banjir. Kalau parah, kami mengungsi di tempat saudara. Akan tetapi kalau pindah rumah tidak mungkin, karena sudah lama tinggal di sini," tandasnya.

Baca juga : Banjir Rendam 30 Desa di Aceh Utara, Ketinggian Air Capai 1 Meter

Kompas TV Banjir yang terjadi di Makassar masih merendam pekumiman warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com