Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kena Stroke, Warga Jerman Dievakuasi Tim SAR dari Kapal Pesiar

Kompas.com - 02/01/2018, 08:16 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com – Seorang warga Negara Jerman, Karl Niederpruem (71) dievakuasi oleh personel kantor Pencarian dan Pertolongan SAR Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Kantor SAR Kupang Abraham Benyamin Kolimon mengatakan, Karl dievakuasi karena menderita stroke di atas kapal pesiar Bridge Aidacara berbendera Italia.

Kapal pesiar itu, lanjut Abraham, sedang dalam pelayaran dari Darwin, Australia menuju Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

"Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang mendapat informasi permintaan medical evacuation (medevac) dari agen kapal pagi tadi," ucap Benyamin kepada Kompas.com, Senin (1/1/2017).

Personel SAR Kupang kemudian menggunakan kapal Antareja bersama dengan ABK dan tim penyelamat menuju titik intercept (pertemuan) dengan Kapal Bridge Aidacara, yakni 12 NM arah selatan dari Pelabuhan Tenau Kupang.

Sekitar 35 menit kemudian, Kapal SAR Antareja berhasil merapat ke Kapal Bridge Aidacara dan melakukan proses pemindahan penumpang yang sakit menuju Pelabuhan Tenau Kupang.

"Selanjutnya penumpang (Karl) yang masih dalam kondisi sadar tersebut dibawa ke kantor Kesehatan Pelabuhan Kupang guna mendapat perawatan lebih lanjut," ungkapnya.

 Baca juga : Dokter Ini Bongkar Pungli Terhadap Kapal Pesiar di Labuan Bajo

Sementara itu, Karl Niederpruem mengaku bahagia karena bisa tertolong dengan adanya bantuan dari SAR Kupang yang dengan sigap melakukan penjemputan.

"Kami berterima kasih kepada pemerintah Indonesia, khususnya SAR Kupang, yang telah membantu kami," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com