Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Ditutup, Jalur Jonggol-Sukaresmi Macet

Kompas.com - 31/12/2017, 16:04 WIB
Muhammad Irzal Adiakurnia

Penulis

CIANJUR, KOMPAS.com - Menjelang penutupan jalur di wilauah Puncak, jalur alternatif Jonggol-Sukaresmi mengalami kemacetan. Kondisi tersebut terpantau dari Simpang Mariwati, Sukaresmi, Minggu (31/12/2017).

Dari pantauan Kompas.com, kemacetan mengekor hingga 2 kilometer lebih, pada pukul 15.20 WIB. Tepatnya dari Simpang Mariwati hingga Kawasan Wisata Kota Bunga.

Menurut anggota Pos PAM, Polsek Sukaresmi, Cianjur, Aiptu Hamdani, kemacetan tersebut mulai pagi hari, pukul 09.00 WIB. Namun, intensitasnya terkadang macet total, kadang padat merayap.

"Penyebabnya karena bertepatan dengan hari libur, minggu juga terdapat peribadatan di gereja Lembah Karmel. Lalu banyajk tempat wisata besar, seperti Taman Bunga Nusantara," ujarnya saat ditemui di pos Sukaresmi.

Baca juga: Malam Tahun Baru, Jalur Puncak Akan Ditutup 12 Jam

Dia mengatakan, penutupan jalur Ciawi sangat berpengaruh pada kemacetan di Sukaresmi. Karena kendaraan dari Jakarta diarahkan ke Jonggol-Sukaresmi.

"Orang akan cenderung memilih jalur Jonggol, karena takut macet di Ciawi dan akhirnya ditutup jalan ke Puncak," terangnya.

Kendaraan yang lewat sendiri di dominasi roda empat di siang hari, dan roda dua di sore hari. Dengan daerah asal terbanyak dari Jakarta, atau plat B.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com