Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Kepulan Asap di Panel Listrik, Kantor BP2D Pemprov Jabar Terbakar

Kompas.com - 31/12/2017, 06:55 WIB
Agie Permadi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP2D) Pemerintah Provinsi Jawa Barat dilahap si Jago merah, Minggu (31/12/2017).

Kobaran api melahap bagian belakang gedungyang berlokasi di Jalan Citarum, Kelurahan Cihapit, Kecamatan Bandung Wetan tersebut.

Namun tak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Diduga api berasal dari hubungan arus pendek listrik.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Ferdy Ligaswara menjelaskan kebakaran terjadi sekira pukul 02.50 wib.

Saat itu petugas piket kantor BP2D melihat kepulan asap di Panel Listrik pada pukul 01.30 WIB. keduanya lantas memeriksa dan menurunkan panel listrik dan mematikan listrik lantaran khawatir terjadi sesuatu.

"Benar saja, selang beberapa menit beberapa orang dari luar melihat kobaran api di bagian dalam dan atap gedung. Dan langsung melaporkan kejadian melalui Emergency Call 113," kata Ferdy, dalam pesan singkatnya, Minggu (31/12/2017).

Mendapatkan laporan tersebut, petugas langsung menerjunkan enam unit mobil pemadam kebakaran, dua unit rescue dan satu unit tangki air ke lokasi kebakaran. "Pemadaman dilakukan kurang lebih 2 jam dan dilanjutkan dengan pendinginan," jelasnya.

Usai pendinginan, petugas langsung mengecek keseluruhan bagian sudut dan pendataan akhir hingga akhirnya penanganan usai pada pukul 05.00 WIB.

Menurut Ferdi, ruangan yang terbakar berada di lantai dua Kanto BP2D Provinsi Jabar, adapun api telah menghanguskan 20x20 meter persegi. "Yang terbakar bagian belangan di lantai dua," jelasnya.

Saat ini pemadaman telah dilakukan, dan petugas telah kembali ke markas komando.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com