Ada Kepulan Asap di Panel Listrik, Kantor BP2D Pemprov Jabar Terbakar - Kompas.com

Ada Kepulan Asap di Panel Listrik, Kantor BP2D Pemprov Jabar Terbakar

Kompas.com - 31/12/2017, 06:55 WIB
Ilustrasi kebakaranShutterstock Ilustrasi kebakaran

BANDUNG, KOMPAS.com - Kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP2D) Pemerintah Provinsi Jawa Barat dilahap si Jago merah, Minggu (31/12/2017).

Kobaran api melahap bagian belakang gedungyang berlokasi di Jalan Citarum, Kelurahan Cihapit, Kecamatan Bandung Wetan tersebut.

Namun tak ada korban jiwa dalam kebakaran ini. Diduga api berasal dari hubungan arus pendek listrik.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Ferdy Ligaswara menjelaskan kebakaran terjadi sekira pukul 02.50 wib.

Saat itu petugas piket kantor BP2D melihat kepulan asap di Panel Listrik pada pukul 01.30 WIB. keduanya lantas memeriksa dan menurunkan panel listrik dan mematikan listrik lantaran khawatir terjadi sesuatu.

"Benar saja, selang beberapa menit beberapa orang dari luar melihat kobaran api di bagian dalam dan atap gedung. Dan langsung melaporkan kejadian melalui Emergency Call 113," kata Ferdy, dalam pesan singkatnya, Minggu (31/12/2017).

Mendapatkan laporan tersebut, petugas langsung menerjunkan enam unit mobil pemadam kebakaran, dua unit rescue dan satu unit tangki air ke lokasi kebakaran. "Pemadaman dilakukan kurang lebih 2 jam dan dilanjutkan dengan pendinginan," jelasnya.

Usai pendinginan, petugas langsung mengecek keseluruhan bagian sudut dan pendataan akhir hingga akhirnya penanganan usai pada pukul 05.00 WIB.

Menurut Ferdi, ruangan yang terbakar berada di lantai dua Kanto BP2D Provinsi Jabar, adapun api telah menghanguskan 20x20 meter persegi. "Yang terbakar bagian belangan di lantai dua," jelasnya.

Saat ini pemadaman telah dilakukan, dan petugas telah kembali ke markas komando.


EditorBambang Priyo Jatmiko
Komentar

Close Ads X