Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankan Tahun Baru, Polda Jabar Gelar "Car Free Night" di 15 Daerah

Kompas.com - 30/12/2017, 20:15 WIB
Agie Permadi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Dalam rangka pengamanan perayaan Tahun Baru 2018 serta mengurangi beban volume kendaraan di Jawa Barat, Polda Jabar melaksanakan kegiatan car free night (CFN) di 15 kota/kabupaten.

Dengan menggelar CFN, polisi berharap dapat dengan mudah melakukan pengawasan dan pengamanan kegiatan saat pergantian tahun.

"Maksudnya supaya kami bisa melokalisasi sentra keramaian masyarakat hanya di situ saja," kata Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto di Mapolda jabar, Sabtu (30/12/2017).

"Harapannya masyarakat dapat menikmati tahun baru dan polisi mengamankannya lebih mudah karena dilokalisasi dalam satu kawasan jalan," ujar Agung.

(Baca juga: 300.000 Personel Polri Amankan Perayaan Tahun Baru 2018 di Indonesia)

Khusus di jalur Bogor, Puncak dan Cianjur (Bopuncur), Polda Jabar bakal menutup jalur yang dimulai dari gerbang tol Ciawi, Simpang Gadok, hingga arah Bunderan Kota Cianjur.

Penutupan bakal dilakukan sejak pukul 18.00 WIB pada 31 Desember 2017 hingga pukul 06.00 WIB pada 1 januari 2018.

Untuk itu pihak kepolisian telah berkoordinasi dengan pengusaha restoran dan hotel di sekitar jalan yang ditutup untuk menyampaikan kepada para tamu hotel. Dengan demikian, tamu bisa datang lebih awal sebelum dilakukan penutupan jalan.

"Ini sudah dikomunikasikan ke PHRI supaya menyampaikan ke tamunya yang sudah booking hotel untuk datang lebih awal sebelum pukul 06.00 sore. Harapannya adalah tingkat kepadatan dan kemacetan di puncak dan arah Bogor dan Cianjur tidak terlalu macet hingga stuck," tutur Agung.

(Baca: Malam Tahun Baru, Jalur Puncak Akan Ditutup 12 Jam)

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Jabar Kombes Pol Prahoro Triwahyono mengatakan, gelaran CFN di 15 kota/kabupaten tersebut dapat mengurangi beban lalu lintas kendaraan di setiap daerah

"Biar enggak ada konvoi atau lalu lalang kendaraan yang tidak jelas tujuan saat tahun baru. Ini dapat mengurangi beban pengamanan dan lalu lintas," kata dia.

"Kami koordinasi dengan bupati, wali kota, pemda setempat untuk mengadakan kegaiatan musik atau kegaiatan di sekitar CFN agar masyarakat terpusat ke sana semuanya," ucap Prahoro.

Adapun beberapa daerah yang bakal melaksanakan kegiatan CFN ini di antaranya, Karawang, Purwakarta, Subang, Indramayu, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kuningan, Ciamis, Bogor, Cianjur, Majalengka, Sukabumi, dan Bandung.

"Seperti di Kota Bandung itu rencana bakal dilakukan di Alun-alun Asia Afrika, lalu di sepanjang Dago Atas dan Dago Bawah," ujarnya.

(Baca juga: Polri Imbau Warga Tak Rayakan Tahun Baru secara Berlebihan)

Khusus wilayah Bogor, Puncak, dan Cianjur, Polda Jabar sudah menyiapkan pengalihan arus untuk penutupan jalur puncak.

Nantinya, kendaraan dari arah Cianjur menuju Jakarta akan dialihkan menuju Sukabumi-Cibadak, Lido, Ciawi. Sedangkan arah sebaliknya dapat menggunakan jalur Sukabumi atau jalur Ciawi-Cibubur- Cileungsi-Jonggol.

"Jalur Puncak yang ditutup panjangnya 56 kilometer. Ditutup dari pos gerbang tol Ciawi sampai Gadok," kata Prahoro.

"Kami juga sediakan shuttle bus untuk mereka yang ingin naik ke Puncak. Di Cianjur dua bus, di Bogor tiga bus. Hanya saja waktunya dibatasi," ucapnya.

Untuk mengamankan jalur pada pergantian tahun, Polda Jabar telah menerjunkan 4.000 anggota satuan lalu lintas di Jawa Barat.

Kompas TV Kepadatan diperkirakan akan terus terjadi hingga sabtu malam.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com