Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solo Siapkan 75 Gong untuk Rayakan Malam Tahun Baru

Kompas.com - 28/12/2017, 23:05 WIB
Labib Zamani

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Perayaan malam pergantian tahun 2017 ke 2018 di Solo, Jawa Tengah, akan terlihat berbeda dari tahun sebelumnya. Biasanya momen ini dirayakan dengan pesta kembang api, namun kali ini dengan memukul gong.

Ada 75 gong telah disiapkan Pemkot Surakarta untuk ditabuh pada saat puncak perayaan malam tahun baru. Adapun malam pergantian tahun ini dikemas dalam gelaran Solo Car Free Night 2017 pada Minggu (31/12/2017) malam.

"Ada 75 gong kita siapkan untuk acara malam tahun baru. Jadi, besok tidak ada kembang api atau petasan," kata Kepala Dinas Pariwisata Solo, Anggora Hexa di kantor Disparta Solo, Kamis (28/12/2017).

Hexa menjelaskan, bukan tanpa alasan pemkot memilih gong untuk menggantikan kembang api dan petasan di malam pergantian tahun tersebut. Gong merupakan sebuah alat musik tradisional. Gong juga bagian instrumen terbesar pada gamelan.

Sementara angka 75 dalam jumlah gong tersebut mengandung makna pertolongan dari Tuhan, sehingga 2018 merupakan tahun lebih baik dari tahun 2017. Kehidupan manusia juga menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya.

"Gelaran Solo Car Free Night pada malam tahun baru akan diisi berbagai hiburan bagi warga masyarakat. Hiburannya nanti sebagian besar kesenian daerah," jelasnya.

Baca juga : Jelang Perayaan Tahun Baru, Polda Jateng Siapkan Tol Darurat

Ada lima panggung disiapkan untuk menghibur pengunjung car free night perayaan tahun baru. Lima panggung tersebut kawasan Diamond, Solo Grand Mal, Plaza Sriwedari, Ngarsopura dan Bundaran Gladag.

Sementara itu, Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Solo, Ari Wibowo mengungkapkan, untuk mendukung acara tersebut, Dishub telah melakukan rekayasa lalu lintas. Pihaknya juga sudah menyiapkan beberapa kantung parkir bagi masyarakat.

"Penutupan akan kita lakukan pada Minggu (31/12/2017) pukul 21.00 WIB sampai Senin (1/1/2018) dini hari," jelas Ari.

Baca juga : Polisi Bandung Larang Tarian Telanjang Saat Perayaan Tahun Baru

Selama acara tersebut berlangsung, katanya semua petugas Dishub dibantu dengan aparat kepolisian diterjunkan ke sejumlah titik yang telah ditentukan untuk melakukan penjagaan serta mengatur arus lalu lintas.

Kompas TV Polri juga akan bersinergi dengan TNI dalam mengamankan malam pergantian tahun baru.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com