Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Natal, Lembang Macet 3 KM, Polisi Buka Tutup Jalan 5 Kali

Kompas.com - 27/12/2017, 06:47 WIB
Agie Permadi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Kepadatan lalu lintas terjadi di jalan utama kawasan objek wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (26/12/2017). Hari libur terakhir Natal 2017 ini tidak di sia-siakan wisatawan untuk mengunjungi wisata di sekitar Lembang.

Pantauan Kompas.com, antrean panjang kendaraan terlihat mengular baik dari Bandung menuju Lembang dan Subang, ataupun sebaliknya. Antrean diperkirakan mencapai 3 kilometer. 

Guna mengurai kemacetan, polisi memberlakukan contraflow dari pertigaan Grand Hotel Lembang hingga ke Pertigaan Beatrix. 

Salah seorang pengendara, Solihin mengaku, hendak menghabiskan waktu libur Natal bersama keluarganya ke Floating Market Lembang. Namun Solihin nampaknya harus mengantre hingga 2-3 Km.

Macet dari mulai pusdik apa itu (Cikole) sampai sini (bunderan Panorama), kira-kira 3 km. Saya dari arah Sukajadi mau ke Floating Market,” kata pria asli Cilacap, Jawa Tengah yang ditemui di Lembang, Kabupaten Bandung, Selasa (26/12/2017).

(Baca juga : Macet Sekitar Rest Area, Tol Jakarta-Cikampek Berlakukan Contraflow )

Kasatlantas Cimahi, AKP Suharto mengatakan, meski volume kendaraan meningkat namun laju kendaraan tidak sampai berhenti total. Untuk mengurai kemacetan, pihaknya memberlakukan sistem buka tutup yang dilakukan dari sore hingga malam tadi.

“Kami berlakukan sistem buka tutup sudah lima kali dari sore, dan kendaraan pun sudah bisa memacu kendaraan 20-30 km/jam. Kendaraan dari luar Kota Bandung dominan lebih banyak ke arah Bandung,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto sempat melakukan kunjungan sekaligus memantau objek wisata Kawah Putih Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Sebagai kawasan favorit wisatawan, Kawah Putih Ciwidey kerap didatangi ribuan wisatawan setiap harinya. Untuk itu Agung mengimbau masyarakat tetap berhati-hati meski dalam suasana liburan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com