Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankan Perayaan Natal di Solo, Personel Keamanan Dapat Bingkisan

Kompas.com - 25/12/2017, 16:04 WIB
Labib Zamani

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Ada yang unik dalam pengamanan Natal di Kota Solo, Jawa Tengah.

Di sela meninjau jemaat gereja yang melaksanakan ibadah Natal, Kapolresta Surakarta, AKBP Ribut Hari Wibowo, Waka Polresta, AKBP Andy Rifai dan Dandim 0735/ Surakarta, Letkol Inf Ali Ahkwan memberikan bingkisan berupa makanan kepada para anggota yang melaksanakan pengamanan.

Pemberian bingkisan tersebut selain untuk memberikan bekal bagi para anggota yang melakukan penjagaan, juga sekaligus untuk memberikan motivasi dan semangat anggota keamanan selama melakukan pengamanan Natal.

"Ini (bingkisan) untuk bekal dan sebagai bentuk apresiasi kita dalam memberikan semangat dan motivasi kepada anggota yang melaksanakan pengamanan Natal," kata Kapopresta Surakarta, AKBP Ribut Hari Wibowo kepada Kompas.com, Senin (25/12/2017).

Ada beberapa gereja yang masuk dalam skala prioritas pengamanan pertama yang ditinjau Kapolresta Surakarta dan Dandim 0735/ Surakarta beserta jajarannya. Peninjauan tersebut guna memastikan bahwa pelaksanaan Natal di Solo berjalan aman.

Selama pengamanan Natal dan Tahun Baru Polresta Surakarta mendirikan enam pos pengamanan. Keenam pos pengamanan ini ada di Kawasan Sriwedari, Faroka, Gading, Jurug, Joglo dan Gladag.

Sementara itu, personel yang terlibat dalam pengamanan ada sekitar 1.120 orang terdiri dari unsur TNI, Polri, instansi samping, ormas sosial dan ormas partai.

"Ada sekitar 1.120 personel gabungan yang diterjunkan untuk melakukan pengamanan Natal 2017 Tahun Baru 2018. Mereka akan dibagi di berbagai titik pos pengamanan maupun bergabung dengan satgas lainnya di lapangan," terangnya.

Kabag Ops Polresta Surakarta, Kompol Arief Joko mengatakan, ada 168 gereja di Solo tersebar di 51 kelurahan. Namun, yang masuk dalam prioritas pengamanan pertama ada 16 gereja. Sedang sisanya masuk skala prioritas kedua dan ketiga.

"Prioritas pertama karena lokasi gerejanya berada di pinggir jalan, memiliki jemaat yang cukup banyak yakni lebih dari 1.500 orang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com