Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perayaan Malam Natal di Mataram Berlangsung Hikmat dan Aman

Kompas.com - 24/12/2017, 21:22 WIB
Fitri Rachmawati

Penulis

MATARAM, KOMPAS.com - Ribuan umat Kristiani di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), merayaan Malam Natal dengan hikmat di sejumlah gereja di Kota Mataram.

Aparat kepolisian Polres Mataram dan Polda NTB mengamankan pelaksanaan misa Natal di 24 titik, 12 titik diantaranya adalah gereja yang tersebar di kota Mataram.

Untuk memastikan pelaksanaan Natal aman tanpa gangguan apapun, Aparat mekakukan sterilisasi ke 12 gereja di Kota Mataram. Tim Gegana dan anjing pelacak diterjunkan, memeriksa secara detail tiap sudut bangunan gereja dan halaman gereja.

Pengamanan yang dilakukan di Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB) Imanuel, langsung dipantau Kapolda NTB, Brigjen Polisi Firli.

Baca juga : Membungkus Pancasila di Gereja Katedral Jakarta

Kapolda mengatakan dirinya hadir untuk mengucapkan selamat hati natal secara langsung pada pengurus dan jemaat kristiani yang merayakan.

“Saya memang hadir untuk mengucapkan selamat hari natal pada warga kita yang merayakannya hari ini, dan memastikan jika wilayah Kota Mataram aman, agar umat kristiani di NTB bisa menjalankan ibadah dengan tenang” kata Firli.

Firli juga memberikan bingkisan sederhana pada pengurus gereja Imanuel, Hadi Utomo, sebagai bentuk keperdulian aparat keamanan pada umat kristiani.

Hadi Utomo, menyatakan rasa syukurnya mewakili ribuan umat kristen di NTB, akan keperdulian aparat kepolisian memberikan rasa aman pada mereka dalam merayakan natal tahun ini.

“Kami bersyukur di Mataram ini semua umat beragama hidup dalam.kedamaian, dan menjaga kami dalam menjalankan natal” ungkapnya.

Misa malam natal yang berlangsung hikmat di GPIB imanuel, pelaksanaan ibadah yang dipimpin oleh pendeta Victor Hutahuruk.

Tema natal tahun ini adalah ‘Keluarga Yang Menyambut Natal, diartikan sebagai upaya umat kristiani di Mataram menjaga kebaikan dan kedamaian sesama umat beragama dalam kedamaian keluarga.

Kompas TV Salah satu gua Maria yang dikunjungi adalah Talanging Sih di wilayah Tegal Sari.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com