Puncak Arus Libur Natal Diprediksi Malam Ini hingga Besok - Kompas.com

Puncak Arus Libur Natal Diprediksi Malam Ini hingga Besok

Kompas.com - 22/12/2017, 18:18 WIB
Asops Polri Irjen Pol Iriawan membagikan helm gratis kepada pengguna sepeda motor yang tidak menggunakan helm saat melakukan peninjauan kesiapan operasi lilin di Pos Pengamanan Limbangan Polres Garut, Jumat (22/12/2017) sore.KOMPAS.com/Ari Maulana karang Asops Polri Irjen Pol Iriawan membagikan helm gratis kepada pengguna sepeda motor yang tidak menggunakan helm saat melakukan peninjauan kesiapan operasi lilin di Pos Pengamanan Limbangan Polres Garut, Jumat (22/12/2017) sore.

GARUT, KOMPAS.com - Puncak arus libur Natal 2017 diperkirakan terjadi Jumat (11/12/2017) malam hingga besok pagi. 

Asisten Operasi Polri (Asops) Irjen Pol Muhammad Iriawan mengatakan, berdasarkan pantauan di beberapa titik di Jawa Barat hingga Jumat (22/12/2017) sore, arus lalu lintas masih lancar. Peningkatan arus kendaraan baru 10 persen. 

"Arus masih normal, peningkatan memang ada, baru 10 persen. Di penyeberangan Merak-Bakauheuni juga masih landai, ada peningkatan hanya 10 persen," jelasnya seusai meninjau pos pengamanan Polres Garut di jalur Limbangan.

Menurut Iriawan, pemantauan kesiapan operasi lilin akan terus dilakukan Mabes Polri hingga kawasan Jawa Tengah. 

(Baca juga : Masuki Libur Natal, Jalur Puncak Macet 6 Kilometer)

Kakorlantas Mabes Polri, Irjen Royke Lumowa mengungkapkan, pada puncak arus liburan Natal jumlah kendaraan yang keluar Jakarta melalui jalur Pantura lewat Tol Cikampek, jumlahnya diperkirakan mencapai 103.000 kendaraan.

"Jadi dibanding hari-hari biasa peningkatannya mencapai 30 persen," tuturnya.

Untuk mengantisipasi kemacetan, sambung Royke, semua kegiatan perbaikan jalan dihentikan sementara. Termasuk operasi mobil-mobil truk dengan sumbu lebih dari tiga mulai hari ini hingga besok dihentikan sementara, keculi untuk mobil pengangkut sembako.

"Kalau di wilayah Polda Jabar ada tambahan, ada kebijakan lokal sampai tanggal 26, ditambah sampai nanti Tahun Baru," jelasnya.

(Baca juga : Titik Rawan Macet di Karawang Selama Libur Natal dan Tahun Baru )

Adapun titik-titik kemacetan dari hasil pemetaan yang dilakukan di antaranya berada di gerbang tol Cikarang Utama, Brebes Exit dan Puncak. Sementara untuk Tahun Baru kemacetan diprediksi terjadi di tempat-tempat wisata.

"Untuk macet akibat banjir di Kahatex, kita siapkan antisipasi dengan pengalihan arus kendaraan. Selain itu kita siapkan pompa-pompa penyedot air dari PUPR, mudah-mudahan tidak ada banjir," tutupnya.

Kompas TV Polisi juga akan menjaga tempat ibadah, terminal, dan lokasi rawan kejahatan.


EditorReni Susanti
Komentar

Close Ads X