Minimalisasi Ancaman Teroris, 253 Gereja di Kepri Dijaga Ketat

Kompas.com - 22/12/2017, 12:10 WIB
Gubernur Kepri Nurdin Basirun didampingi Kapolda Kepri Irjen Didid memeriksa pasukan dalam apel bersama kemarin KOMPAS.com/ ISTIMEWAHGubernur Kepri Nurdin Basirun didampingi Kapolda Kepri Irjen Didid memeriksa pasukan dalam apel bersama kemarin
|
EditorErwin Hutapea


BATAM, KOMPAS.com - Jajaran Polda Kepri dan dibantu personel TNI menjaga ketat 253 gereja besar yang ada di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) untuk membuat suasana kondusif, aman, dan nyaman selama berlangsungnya perayaan Natal dan Tahun Baru 2018.

"Ada 253 gereja besar di Kepri yang mendapatkan perhatian khusus kami dalam menjaga suasana kondusif, aman, dan nyaman dalam menjalankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2018," kata Kapolda Kepri Irjen Didid Widjanardi di sela-sela peninjauan bandara, Jumat (22/12/2017).

Untuk pengamanan Operasi Lilin Seligi 2017, Polda Kepri menyiagakan 1.454 personel gabungan yang terdiri 627 personel Polda Kepri dan 827 personel TNI.

"Personel juga ditunjang sarana trasnportasi, seperti 338 motor, 156 kendaraan roda empat, dan satu helikopter, serta sejumlah kapal gabungan dari Polda, Mabes Polri, Bakamla, dan TNI," ungkap Didid.

Tidak itu saja, pihaknya juga mendirikan 25 posko pengamanan dan 17 posko pelayanan. Posko-posko ini akan disebar di seluruh Kepri. Namun, jumlah posko di setiap daerah tidak sama.

"Konsentrasi pengamanan itu nanti di Batam. Jumlah posko juga lebih banyak di Batam daripada daerah lainnya yang ada di Kepri," terangnya.

Baca juga: Di Tengah Gerimis, Kapolri dan Panglima Pimpin Apel Operasi Lilin 2017

Didid menambahkan, personel gabungan tidak hanya berada di posko. Nantinya juga akan ada tim yang melakukan patroli secara berkelanjutan.

Lanjut Didid, gereja yang diberikan pengamanan khusus di antaranya Gereja Pantekosta Pelita yang dijaga oleh enam personel, Gereja Paroki Santo Petrus Blok II dijaga tujuh personel, dan Gereja HKBP Lubuk Baja dijaga sembilan personel.

Kemudian Gereja Alfa Omega Baloi Danau dijaga empat personel, Gereja GPIB Imanuel Seraya dijaga sembilan personel, Gereja Katolik Beato Damean Bengkong dijaga tujuh personel, dan Gereja Epikaleo Bengkong Baru dijaga tujuh personel.

Adapun Gereja GKPI Bengkong Jaya dijaga lima personel, Gereja Santo Yosep Tiban III dijaga tujuh personel, Gereja GPIB Zibulon Tiban III dijaga enam personel, Gereja GKPS Sei Panas dijaga tujuh personel, Gereja Tabqa Center Park dijaga tujuh personel, Gereja Bukit Indah Sukajadi dijaga empat personel, Gereja Katolik Malaikat Tembesi Pos dijaga empat personel,  Gereja Batak Karo Buana Indah dijaga lima personel, dan Gereja HKBP Resort Sagulung dijaga lima personel, serta sejumlah gereja lainnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X