Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petugas Imigrasi Periksa Warga Negara Asing hingga ke Tengah Laut

Kompas.com - 20/12/2017, 13:44 WIB
Hadi Maulana

Penulis

BATAM, KOMPAS.com - Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Imigrasi Kelas I Khusus Batam, memeriksa kelengkapan dokumen orang asing yang masuk ke Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (20/12/2017) sekitar pukul 09.15 WIB.

Pemeriksaan yang melibatkan personel TNI AL, Satpolairud Polresta Barelang, Bea Cukai Butam, Kejaksaan, Karantina, Syahbandar, intelijen dan sejumlah armada TNI AL dan Polairud dilakukan hingga ke tengah laut atau jalur OPL perbatasan antara Indonesia dengan Singapura dan Malaysia.

"Razia ini bertujuan untuk meningkatkan pengamanan di perbatasan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, 25 Desember 2017 mendatang," kata Kepala Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Lucky Agung Binarto.

Menurut Lucky, pengawasan akan terus dilakukan Timpora gabungan ini menggunakan KRI Lepu milik TNI AL.

"Jadi tidak saja kapal-kapal yang labuh jangkar kami lakukan pemeriksaan orang asingnya, WNA yang ada di feri internasional juga kami lakukan pemeriksaan, terutama feri yang baru masuk perbatasan perairan Indonesia," ungkap Lucky.

Baca juga : Overstay, Guru Asal China Diamankan Kantor Imigrasi Kota Bandung

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lapangan, petugas Timpora memeriksa kelengkapan dokumen kunjungan ke Indonesia. Bagi WNA yang tidak memiliki dokumen lengkap aka ditindak tegas.

Meski pemeriksaan dilakukan di tengah laut, namun sejumlah penumpang feri yang merupakan warga negara asing tampak tak terganggu.

Baca juga : Ada 42 WNA yang Dideportasi Kantor Imigrasi Kota Bandung Tahun Ini

Kompas TV Kantor Imigrasi kelas 1 Jambi, menangkap satu orang warga asing asal Myanmar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com