Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasikan 6 Mesin Diesel, PLN Nunukan Janjikan Tak Ada Lagi Pemadaman Listrik

Kompas.com - 12/12/2017, 05:32 WIB
Sukoco

Penulis

NUNUKAN, KOMPAS.com – PT PLN Ranting Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, mengoperasikan 6 mesin pembangkit listrik tenaga disel PLTD untuk membantu pasokan tambahan daya listrik bagi pelanggan di Nunukan sebesar 6 megawatt.

Dir Regional PLN Kalimantan, Machnizon Masri mengatakan, dengan tambahan daya 6 megawatt, maka PLN Nunukan saat ini memiliki total daya listrik sebesar 17 megawatt. Sementara, beban puncak listrik di Kabupaten Nunukan mencapai 12 megawatt.

Dengan kelebihan daya tersebut, PLN Ranting Nunukan menjanjikan tidak ada lagi pemadaman bergilir yang sering terjadi saat ini.

“Beban puncaknya lebih kurang sepuluh setengah, jadi memang kondisinya hampir pas-pasan. Dengan bertambahan 6 megawatt hari ini, sistem Nunukan-Sebatik ini akan bertambah menjadi lebih kurang 17 megawatt,“ ujar Machinzon, Senin (11/12/2017).

Selain bertambah 6 megawatt dari PLTD, PT PLN tahun 2018 mendatang juga akan menambah mesin pembangkit baru di Sebatik sebesar 2 megawatt. Diperlkirakan, tahun 2019 pembangunan pembangkit listrik tenaga mesin gas PLTMG di Kabupaten Nunukan dengan daya 10 megawatt juga akan selesai dikerjakan. Paling lambat tahun 2020, PT PLN juga membangun PLTMG di sumur gas di Seimenggaris.

Baca juga : Listrik di Natuna Sering Padam, Bupati Minta PLN Diperiksa

Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid mengatakan, dengan bertambahnya daya listrik di wilayah perbatasan dipastikan akan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi baik di bidang indutri maupun pertanian dan perkebunan.

“Selama ini, permasalahan yang kita hadapi masih kurangnya daya listrik untuk membangun industri perikanan seperti pembangunan coolstrorage di wilayah perbatasan. Ketersediaan daya listrik akan berdampak positif pada perekonomian di Nunukan,” ujarnya.

Baca juga : Bus Sekolah Berpenumpang 28 Siswa Tabrak Tiang Listrik di Malang

Pada akhir tahun 2020 diharapkan listrik di wilayah perbatasan RI-Malaysia di Kabupaten Nunukan sudah akan terintegrasi dengan jaringan listrik di Kalimantan Timur.

“Jadi nanti listrik yang ada di Nunukan ini akan tersambung sampai ke Tanjung Selor, sampai ke Berau dan sampai ke Balikpapan,” imbuh Machnizon.

Kompas TV Simak pembahasan soal penyesuaian tarif tol bersama badan pengatur jalan tol, Kuncahyo Pambudi dan pengamat transportasi, Azaz Tigor.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com