Jadi Sopir Panggilan, Terduga Teroris di Malang Jarang Pulang

Kompas.com - 09/12/2017, 18:32 WIB
Suasa di sekitar kediaman Ustman Abdullah Bayakub di Jalan Yulius Ustman Kelurahan Kasin, Kota Malang, Sabtu (9/12/2017). Rumah itu digeledah tim Densus 88 atas penangkapan terduga teroris KR yang merupakan menantu pemilik rumah. KOMPAS.com/Andi HartikSuasa di sekitar kediaman Ustman Abdullah Bayakub di Jalan Yulius Ustman Kelurahan Kasin, Kota Malang, Sabtu (9/12/2017). Rumah itu digeledah tim Densus 88 atas penangkapan terduga teroris KR yang merupakan menantu pemilik rumah.
|
EditorErlangga Djumena

MALANG, KOMPAS.com - Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap seorang terduga teroris berinisial KR (Kiki Rizky) (41) warga Jalan Yulius Ustman nomor 174 Kelurahan Kasin RT 6 RW 4 Kecamatan Klojen, Kota Malang, Sabtu (9/12/2017).

Ketua RT 6, Abdul Wahid mengatakan, terduga teroris jaringan Salim Mubarok Attamimi alias Abu Jandal itu jarang pulang ke rumah tersebut. Sebab, rumah itu merupakan tempat tinggal keluarga istrinya, Amiroh.

"Setahu saya dia datang dan pergi. Tidak pernah tidur di sini," katanya.

Apalagi, KR juga memiliki tempat tinggal yang lain. Yakni sebuah rumah di Jalan Kemuning V/6 Sengkaling Indah II RT 2 RW 6 Desa Mulyoagung, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.


Baca juga : Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Jaringan Abu Jandal di Malang

Meski menjabat sebagai ketua RT, Abdul Wahid mengaku tidak mengetahui pasti keseharian KR. Ia hanya mengatakan bahwa KR merupakan seorang sopir panggilan dan jarang pulang.

"Katanya adiknya tadi sopir panggilan. Kayak travel gitu lho," sebutnya.

Ahmad, adik ipar KR mengatakan bahwa rumah yang ada di Jalan Yulius Ustman itu bukan berupakan tempat tinggal KR. Ia menyebutkan, KR bertempat tinggal di rumahnya yang ada di Sengkaling Indah.

Rumah di Jalan Yulius Ustman itu digeledah Tim Densus 88 Antiteror pasca penangkapan KR. Penggeledahan berlangsung pada pukul 13.15 WIB hingga 14.00 WIB.

"Tadi hanya pengamanan penggeledahan. Setelah penggeledahan apa yang didapat (Tim Densus 88) saya tidak tahu," kata Kabag Ops Polres Malang Kota, Kompol Dodot Dwianto.

Informasi yang didapat Kompas.com, KR berangkat ke Suriah dan bergabung bersama militan kelompok teroris ISIS pada 2013. Keberangkatannya ke Suriah bersama dengan rombongan Salim Mubarok Attamimi alias Abu Jandal di Kota Malang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X