Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Gunungkidul, Presiden Jokowi Canangkan Gerakan Penanaman Pohon Nasional

Kompas.com - 09/12/2017, 15:41 WIB
Markus Yuwono

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo berkunjung ke Desa Karangasem, Ponjong, Gunungkidul, Yogyakarta, dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN), Sabtu (9/12/2017).

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, penanaman pohon pada Hari Menanam Pohon Indonesia pada pagi hari ini saya nyatakan dimulai," kata Jokowi.

Setelah mencanangkan HMPI, Presiden menekan sirene tanda dimulainya gerakan penanaman pohon tersebut dan dilanjutkan dengan menanam pohon jati di sela perbukitan karst. Jokowi tampak antusias saat menanam pohon.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dalam sambutannya mengatakan, dipilihnya lokasi ini karena merupakan pegunungan karst yang kritis.

"Inisiatif menanam di sini berasal dari masyarakat," ucap Siti.

Ada 45.000 pohon yang ditanam, dan 42.000 di antaranya telah ditanam oleh masyarakat. Sementara itu, 3.000 pohon yang lain ditanam serempak bersama berbagai lapisan masyarakat.

Baca juga: Presiden Jokowi Menanam Pohon di Gunungkidul

Kompas TV Presiden Jokowi menerima kunjungan PM Denmark Lars Lukke Rasmussen, Selasa (28/11).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com