Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKB: Wakil Ridwan Kamil Harus Bisa Mengurus Desa

Kompas.com - 07/12/2017, 15:13 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Barat Syaiful Huda berharap wakil gubernur pendamping bakal calon gubernur Ridwan Kamil pada Pilkada Jawa Barat 2018 memiliki jaringan kuat di desa-desa untuk meraih simpati pemilih di pedesaan. Sebab, menurut dia, mayoritas warga Jawa Barat tinggal di wilayah pedesaan.

“Saya berharap Kang Emil konsolidasi di pedesaan. Saya sangat berharap itu karena Jawa Barat hampir 70 persen hamparan desa," kata Huda saat ditemui seusai Deklarasi Gerakan Komunitas Desa di Sekretariat Komunitas Hong, Dago Pakar, Bandung, Kamis (7/12/2017).

Huda berharap, pria yang akrab disapa Emil itu memilih calon wakil gubernur yang memiliki kemampuan dan pengalaman untuk menata wilayah pedesaan dengan baik. Hal tersebut untuk melengkapi kebutuhan Emil yang memiliki latar belakang teknokrat yang terbiasa dan berpengalaman menata wilayah perkotaan baik di Indonesia maupun di luar negeri.

"Kalau Kang Emil suka menata kota, jadi carilah teman-teman yang menata desa. Kang Emil juga harus mencari figur yang memperkuat kemenangan, bukan menciptakan arus kelemahan,” imbuhnya.

Selain itu, Huda menolak jika mekanisme pencarian wakil gubernur pendamping Ridwan Kamil disebut sebagai proses konvensi. "Jadi ini namanya bermusyawarah, bukan konvensi," ujar Huda.

Baca juga: Elektabilitas Naik, Daniel Mutaqien Makin Yakin Dampingi Ridwan Kamil

Dalam musyawarah tersebut, nantinya akan melibatkan sejumlah tokoh Jawa Barat yang merepresentasikan suara masyarakat sebagai tim penilai kandidat-kandidat dari partai-partai pendukung Ridwan Kamil yang direkomendasikan untuk maju sebagai wakil gubernur.

Meski demikian, Huda meyakinkan bahwa keputusan akhir terkait sosok wakil gubernur yang akan dipilih tetap berada di tangan Ridwan Kamil.

“Nanti hasilnya tetap diserahkan ke Kang Emil. Kang Emil yang menentukan," ucap dia.

Kompas TV Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat Rabu (5/12) malam akan meluncurkan perhelatan pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com