Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elektabilitas Naik, Daniel Mutaqien Makin Yakin Dampingi Ridwan Kamil

Kompas.com - 07/12/2017, 14:59 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Nama Daniel Mutaqien masuk dalam radar survei Poltracking Indonesia. Dalam simulasi elektabilitas 10 nama kandidat calon gubernur, namanya berada di posisi tujuh dengan skor 1,8 persen.

Skor tersebut berada persis di bawah Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum sebesar 2,7 persen. Namun dalam simulasi elektabilitas 8 nama kandidat calon wakil gubernur, nilainya 6,8 persen berada di atas Uu 5,9 persen.

"Elektabilitas saya mengalami peningkatan, alhamdulillah," ujar Daniel dalam rilisnya, Kamis (7/12/2017).

Daniel mengaku, peningkatan elektabilitas dirinya terdongkrak oleh nama besar Golkar dan Ridwan Kamil. Sejak partai berlambang Pohon Beringin itu memasangkan dirinya dengan Ridwan Kamil, elektabilitas Daniel ikut terdorong.

(Baca juga : PPP Ancam Tarik Dukungan, Ridwan Kamil Diminta Kumpulkan Partai Koalisi)

Dengan modal elektabilitas yang terus meningkat dan berbagai upayanya melakukan safari ke berbagai daerah di Jabar, ia optimistis peluangnya mendampingi Ridwan Kamil semakin besar.

"Saya belum maksimal, saya akan terus berjuang mendatangi seluruh warga Jawa Barat," ungkapnya.

Dalam survei terakhirnya, Poltracking mencoba memasangkan tiga pasangan gubernur-wakil gubernur. Hasilnya, elektabilitas pasangan Ridwan Kamil-Daniel Mutaqien berada di posisi pertama dengan nilai 39,4 persen.

Kemudian disusul Deddy Mizwar-Ahmad Syaikhu di angka 25,8 persen. Cukup tingginya gap elektabilitas ini disebabkan karena elektabilitas Ridwan Kamil secara perseorangan yang memang tinggi.

(Baca juga : Lewat Konvensi Atau Tidak, Cawagub Tetap Ditentukan Ridwan Kamil)

Poltracking mencatat, dalam simulasi 3 nama kandidat calon gubernur, elektabilitas Ridwan Kamil sebesar 46,8 persen, diikuti Deddy Mizwar 27,6 persen dan Dedi Mulyadi 10,3 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com