Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terjerat Utang Bank, Buruh Tani Tewas Gantung Diri di Pohon Jati

Kompas.com - 07/12/2017, 06:24 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho

Penulis

GROBOGAN, KOMPAS.com - Warga Desa Tawangharjo, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah dikejutkan dengan kabar tewasnya Hardi (56).

Buruh tani itu ditemukan tewas gantung diri di pohon jati di belakang rumahnya di Dusun Dalingan, Desa Tawangharjo, Rabu (6/12/2017).

Seorang saksi, Sunardi (55) mengatakan, dirinya bersama rekannya yang berjalan kaki hendak pulang ke rumah selepas bertani, melihat sesuatu yang janggal menggantung di pohon jati. 

"Setelah kami pastikan ternyata Pak Hardi tergantung dengan leher terjerat seutas tali. Kami lantas berteriak meminta pertolongan warga," kata Sunardi.

(Baca juga : Sebelum Gantung Diri, Pemuda di Mampang Tinggalkan Surat untuk Ibunya )

Mendengar teriakan, warga berlari berhamburan menuju lokasi kejadian. Polisi yang sudah diinformasikan pun langsung meluncur ke lokasi untuk menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP).

"Kami tak menyangka kenapa Pak Hardi nekat bunuh diri. Karena selama ini dikenal baik dan pendiam," tutur Sunardi.

Kapolsek Tawangharjo, AKP Sudarsono mengatakan, dari keterangan keluarga, korban diduga nekat mengakhiri hidupnya karena terjerat utang di bank. Penghasilan yang tak menentu dari hasil bertani membuat korban kewalahan melunasi cicilan.

"Saat korban bunuh diri, istrinya sedang bantu-bantu acara hajatan. Korban diketahui banyak utang dan sering menghindar dari penagih utang. Kami turut berduka cita sedalam-dalamnya dan menyayangkan hal itu," kata Sudarsono.

(Baca juga : Cinta Tak Direstui, Pemuda di Mampang Gantung Diri )

Hasil pemeriksaan tim medis menyatakan korban murni bunuh diri dengan cara menggantung diri dengan seutas tali di pohon jati.

"Bukti-bukti merujuk ke arah sana yaitu bunuh diri dengan menggantung diri. Tidak ada tanda-tanda penganiayaan. Korban langsung dimakamkan," pungkasnya. 

Kontak Bantuan

Bunuh diri bisa terjadi disaat seseorang mengalami depresi dan tak ada orang yang membantu. Jika Anda memiliki permasalahan yang sama, jangan menyerah dan memutuskan mengakhiri hidup.

Anda tidak sendiri. Layanan konseling bisa menjadi pilihan Anda untuk meringankan keresahan yang ada.

Berikut daftar layanan konseling yang bisa Anda kontak:
Gerakan "Into The Light"
Facebook: IntoTheLightID
Twitter: @IntoTheLightID
Email: intothelight.email@gmail.com
Web: intothelightid.wordpress.com

Kompas TV Dunia Musik Berduka, Vokalis Linkin Park Meninggal Bunuh Diri
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com