Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Purwakarta Mengamen di Yogyakarta

Kompas.com - 03/12/2017, 15:13 WIB
Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Bupati Purwarkarta Dedi Mulyadi ikut mengamen di sebuah warung soto di Jalan Laksda Adisucipto, Yogyakarta, Minggu (3/12/2017).

Dedi yang juga ketua DPD Golkar Jawa Barat itu ikut mengamen saat sarapan di warung tersebut sebelum mengadiri sebuah seminar di Yogyakarta. Video Dedi mengamen pun diunggah di akun Facebook miliknya, Kang Dedi Mulyadi.

Dalam video itu, tampak Dedi berbicang-bincang dengan dua orang pangamen yang kerap menembangkan lagu-lagu berbahasa Jawa. Saat berbincang, Dedi kemudian mengambil sebuah toples tempat pengamen mengumpulkan uang.

"Ini baru Rp 6.000. Sedikit sekali ya," kata Dedi.

Setelah bertanya soal kehidupan pengamen, Dedi kemudian berusaha ikut menyanyi. Namun karena lagunya berbahasa Jawa, dia tampak kesulitan. Dia akhirnya tidak jadi ikut menyanyi, hanya tepuk tangan.

Di sela "konser" kecil itu, Dedi tiba-tiba mengambil toples itu, lalu mengasongkannya ke setiap pengunjung di warung soto tersebut. Para pengunjung pun memasukkan sejumlah uang ke toples tersebut. Beberapa di antaranya bahkan ada yang memberi uang ratusan ribu rupiah.

Ketika dikonfirmasi Kompas.com, Dedi mengatakan hanya membantu pengamen itu. Dia mengaku simpati dengan kehidupan pengamen itu. Mereka berusaha mencari uang halal dengan menyanyi.

"Kebetulan saya saat itu sedang sarapan pagi di warung itu. Ya, jadi akhirnya ikut mengamen," kata Dedi melalui sambungan telepon, Minggu.

Dedi mengatakan, hasil dari mengamen pun cukup banyak. "Ya, lumayan terkumpul sekitar Rp 1 juta lebih, he-he-he," kata Dedi di ujung telepon.

Kompas TV Dedi menilai penahanan Setnov adalah momentum perubahan Golkar
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com