Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Damri Kotak Legendaris Bakal Jadi Kendaraan Wisata di Bandung

Kompas.com - 30/11/2017, 22:59 WIB
Agie Permadi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Bus DAMRI kotak legendaris bakal kembali mengaspal di kota Bandung. Sebab dalam waktu dekat, Perum DAMRI bakal mengoperasikan bus yang pensiun pada tahun 2014 itu sebagai kendaraan wisata Kota Bandung.

Manajer Teknik DAMRI Bandung Arief Effendi mengatakan, ada dua unit yang bakal dioperasikan nanti. Satu unit telah direkondisi berada di Depo Bengkel Damri Bandung Jalan Kebon Kawung dan terus disempurnakan.

Sedang satu unit lainnya berada di Depo Gede Bage masih dalam persiapan rekondisi.

"Setelah direkondisi mobil ini rencananya akan digunakan untuk kendaraan wisata," kata Arief di Depo Bengkel DAMRI, Jalan Kebon Kawung, Kamis (30/11/2017).

(Baca juga : Publik Berharap Tiket Kereta Bandara Lebih Murah dari Tarif Damri)

Nantinya kendaraan ini akan menjadi salah satu transportasi yang menemani wisatawan berkeliling di Kota Bandung. "Ada wisata keliling Kota Bandung, nanti kita tawarkan pakai bis ini," ujar arief.

Bus ini terbilang populer di zamannya. Bagaimana tidak, bus yang dioperasikan pertama kali pada 1988 ini menjadi salah satu alat transportasi favorit.

Dengan dioperasikannya kembali di zaman ini, diharapkan masyarakat yang pernah menggunakan bus itu dapat bernostalgia sambil berwisata di Kota Bandung.

"Nanti dengan menggunakan bus ini bisa mengantarkan masyarakat dari satu tempat ke tempat wisata lainnya," kata Arief.

(Baca juga : Gunung Agung Awas, 100 Bus DAMRI Disiagakan di Bandara Ngurah Rai)

Bus Mercedez Benz ini bahkan diikutsertakan dalam pameran kendaraan klasik. Dalam waktu dekat, bus tersebut akan mengikuti acara pameran kendaraan era 80an di Jakarta.

Sebelumnya, sambung Arief, bus ini pernah juga dipinjam TNI untuk latihan penanggulangan teroris.

"Bulan Januari nanti ada acara pameran bus klasik di PRJ. Bus ini akan ikut pameran di sana. Masih kuat kok ini jalan ke Jakarta. Ke Surabaya juga masih berani," ungkapnya.

Kompas TV Bus Trans Mamminasata sudah beroperasi selama tiga tahun.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com