Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPBD Jateng: Wonogiri Darurat Bencana Selama 7 Hari

Kompas.com - 29/11/2017, 17:36 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah menetapkan status darurat bencana akibat dampak dari badai. Status darurat diberlakukan selama 7 hari ke depan.

"Iya (darurat bencana). Ditetapkan selama 7 hari," kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah Sarwa Pramana, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (29/11/2017).

Wonogiri menjadi salah satu wilayah yang terkena dampak akibat hujan deras beberapa hari terakhir. Hujan deras itu mengakibatkan banjir yang menggenangi ratusan rumah setempat.

Air bah bahkan merendam di hampir seluruh kecamatan di Wonogiri. Jika ditotal dengan longsor, kecamatan terdampak di Wonogiri menjadi 18 kecamatan.

"Kecamatan terdampak ada 18. Termasuk longsor kecil-kecil," sambung Sarwa.

(Baca juga : Banjir dan Longsor di Wonogiri, Empat Orang Meninggal )

Akibat banjir dan longsor itu, setidaknya empat orang dilaporkan meninggal dunia. Namun identitas mereka belum disampaikan.

Menurut Ketua Divisi Operasi Tim SAR Wonogiri Ashari Mursito Wisnu, dari empat korban itu, dua korban ditemukan di Tirtomoyo dan dua lainnya di Manyaran.

Banjir di Wonogiri tidak lepas dari cuaca ekstrim akibat pengaruh Siklon Tropis Cempaka. BMKG memberikan peringatan dini adanya siklon tropis cempaka yang berada di perairan sekitar 32 km sebelah selatan-tenggara Pacitan, Provinsi Jawa Timur.

Dampak dari badai cempaka itu cuaca ekstrem seperti hujan deras, angin kencang, dan gelombang tinggi di Jawa dan Bali. Cuaca ektrem telah menyebabkan banjir, longsor, dan puting beliung di 21 kabupaten/kota di Pulau Jawa dan Bali, termasuk Wonogiri. 

Kompas TV Sebuah truk pengangkut pasir dievakuasi oleh alat berat.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com