Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Agung Masuk Fase Kritis, Warga Diminta Jauhi Pos Pantau

Kompas.com - 28/11/2017, 13:59 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar

Penulis

KARANGASEM, KOMPAS.com - Suasana di Pos Pantau Gunung Agung di Desa Rendang, Karangasem, Bali, mendadak tegang pada Selasa (28/11/2017) siang.

Petugas pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meminta warga mrninggalkan pos pantau yang letaknya 12 kilometer dari kawah Gunung Agung. Rupanya terjadi tremor terus-menerus (overscale) yang terjadi pada pukul 13.30-14.00 Wita.

"Bapak-bapak, warga sekalian mohon segera tinggalkan tempat ini," kata salah seorang petugas.

Mendapat instruksi demikian, warga langsung meninggalkan pos pantau berikut wisatawan mancanegara yang ada di lokasi ini. Rupanya warga diminta pergi karena kondisi Gunung Agung semakin mengkhawatirkan.

Kasubid Mitigasi Bencana Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) I Gede Suantika mengatakan, selama krisis Gunung Agung, gempa tremor terjadi terus menerus dan fenomena ini baru pertama kali terjadi.

Menurutnya, kondisi yang terjadi menunjukkan Gunung Agung memasuki fase kritis menuju letusan lebih besar.

"Sudah masuki fase yang sangat kritis untuk erupsi yang lebih besar. Seperti material vulkanik cukup besar, baru kali ini mencatat adanya tremor overscale," kata Suantika.

Baca juga : Siang Ini Aktivitas Vulkanik Gunung Agung Meninggi, Masyarakat Diimbau Waspada

Gempa overscale adalah gempa dengan amplitudo melebihi 23 mili meter. Dengan kata lain mencapai titik maksimal rekaman seismograf, bahkan lebih.

Karena itu warga diminta menjauh dari pos pantau untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Gempa overscale secara terus-menerus ini rupanya tertangkap oleh seismograf di 11 titik yang terpasang di sekitar Gunung Agung. "Kita antisipasi hal-hal buruk," kata Suantika.

Kompas TV Penutupan Bandara Ngurah Rai diperpanjang hingga Rabu (29/11).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com