Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah HOS Tjokroaminoto di Surabaya Disulap Menjadi Museum Sejarah

Kompas.com - 27/11/2017, 17:28 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SIDOARJO, KOMPAS.com - Rumah kediaman pahlawan pergerakan Hadji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto di Jalan Peneleh VII nomor 29 Surabaya disulap menjadi museum sejarah.

Rumah di pemukiman padat pendukuk itu diresmikan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, Senin (27/11/2017).

Hadir dalam peresmian tersebut Prof Hariono Sigit, salah satu cucu HOS Tjokroaminoto. "Beberapa barang di dalam rumah masih asli dan bentuknya tidak berubah, sebagian lagi barang yang mirip," kata Hariono.

Bentuk arsitektur rumah HOS Tjokroaminoto juga masih asli bergaya Jawa. Ada 2 ruangan di lantai bawah dan 1 ruangan di lantai atas. Selain foto, di rumah tersebut juga masih banyak koleksi buku-buku dengan tema perjuangan.

Kata Hariono, rumah tersebut sengaja diberikan ahli waris kepada Pemkot Surabaya untuk menambah koleksi Surabaya sebagai Kota Pahlawan. "Kita justru bangga menyerahkan kepada Pemkot Surabaya untuk museum sebagai pembelajaran untuk generasi muda," jelasnya.

(Baca juga : Pesan Kesetaraan dari Cicit HOS Tjokroaminoto)

Rumah HOS Tjokroaminoto disebut rumah bersejarah dalam perjuangan bangsa. Di rumah tersebut banyak tokoh bangsa belajar dan berproses menjadi pemimpin seperti Soekarno, Darsono, Alimin, Semaun, dan Kertosuwiryo.

Rumah HOS Tjokroaminoto berada tidak jauh dari rumah tempat kelahiran Soekarno, presiden pertama RI di sebuah rumah sederhana di Pandean Gang IV Nomor 40, Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com