Jelang Pilpres 2019, Relawan Kocak di Solo Dukung Jokowi dan Cak Imin

Kompas.com - 27/11/2017, 08:02 WIB
Labib Zamani

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Relawan Kocak (Jokowi-Cak Imin) di Solo, Jawa Tengah, mendeklarasikan diri untuk mengusung Presiden Joko Widodo dengan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dalam pesta demokrasi lima tahunan Pilpres 2019.

Koordinator Relawan Kocak Solo, Wisnu Arya, mengungkapkan, relawan Kocak merupakan perkumpulan pemuda dan pemudi di Solo dari berbagai latar belakang. Mereka memasang Presiden Jokowi dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut bukan tanpa alasan.

Sebab, mereka memiliki satu tujuan, yaitu ingin Indonesia ke depan menjadi negara demokrasi yang mengedepankan nilai toleransi berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta Islam Rahmatan Lil Alamin.

Wisnu Arya menilai, Cak Imin pantas menjadi pendamping Presiden Jokowi pada Pilpres 2019 karena selain sebagai keponakan dari mantan Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Cak Imin adalah panglima santri yang memiliki pemahaman Islam transformatif dan moderat.

"Awalnya kami ngobrol-ngobrol terus ngadain kopdar (kopi darat) buat deklarasi relawan (Kocak)," ungkap Wisnu seusai mendeklarasikan dukungannya di Solo, Minggu (26/11/2017).

Baca juga: Nasdem Masih Rahasiakan Calon Pendamping Jokowi di Pilpres 2019

Pemasangan Presiden Jokowi sebagai calon presiden 2019 dengan prestasinya dalam periode pertama dan Cak Imin sebagai pasangan calon wakil presiden 2019 adalah tepat, ideal, dan menjadi kebutuhan rakyat.

"Dua arus besar yang saat ini menjadi mainstream dalam peta politik nasional adalah kekuatan nasionalisme yang direpresentasikan melalui kekuatan PDI-P (Jokowi) dan kekuatan Islam nusantara, dalam hal ini adalah PKB (NU)," jelas dia.

"Selama kurun waktu tiga tahun pemerintahan Jokowi, dukungan PKB dan NU sebagai representasi kekuatan Islam nusantara tidak diragukan lagi," papar dia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com