Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Sudah Rangkaian Prosesi Adat Kahiyang dan Bobby, Ini Gelar Mereka

Kompas.com - 26/11/2017, 05:59 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Puncak dari acara Horja Siriaon atau pesta adat Muhammad Bobby Afif Nasution dengan Kahiyang Ayu Siregar adalah Mata Ni Horja dan Tapian Raya Na Martua.

Prosesi Mata Ni Horja adalah menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo beserta keluarga Solo dengan manortor hingga pemberian ulos. Sementara Tapian Raya Martua atau Marpangir adalah mengarak dengan iringan Gordang Sembilan kedua mempelai ke tapian atau sungai.

"Masa remaja berakhir di tapian. Diberikan juga petuah-petuah yang menggunakan sastra Mandailing asli. Mudah-mudahan kedua mempelai mendapat setawar sedingin, beranak bercucu tujuh turunan tidak terputus. Berpisahlah nanti setelah bungkuk..." kata Muhammad Saleh Nasution bergelar Pagar Martua (81), warga Jalan Pukat I Medan, Sabtu (25/11/2017).

Sepulang dari tapian, lanjut dia, Bobby dan Kahiyang akan membawa batu sebanyak tujuh buah. Dimasukkan ke wadah yang terbuat dari bambu berhias Surat Durung-durung atau daun-daunan yang memiliki arti. Tujuh batu tersebut menjadi simbol tujuh keturunan, disimpan di dalam rumah.

"Setelah itu diberi gelar oleh Raja Panusunan, diupa-upa, menortorlah orang itu suami istri," ucapnya.

Baca juga : Berita Foto: Ekspresi Jokowi Saat Manortor di Pesta Adat Kahiyang-Bobby

Saleh yang datang ke pesta Bobby dan Kahiyang mengenakan ulos Tapanuli Selatan pemberian mantan Gubernur Sumatera Utara Raja Inal Siregar ini mengharapkan, kedua mempelai dan keluarganya dirahmati Allah. Jangan ada yang merasa tertinggal atau merasa ditonjolkan, semua sama.

"Bobby dan Kahiyang harus seiya sekata. Jangan nanti karena ada fitnah begini-begitu, mereka berpisah, ini pesan saya. Kepada raja-raja atau suhut kahanggi, bersatulah, jangan biarkan Bobby sendirian karena ayahnya sudah tidak ada lagi," kata Saleh mengakhiri.

Setelah melewati semua prosesi adat, berdasarkan kesepakatan raja-raja Mandailing dan Tapanuli Bagian Selatan akhirnya Raja Panusunan memberikan Bobby gelar adat Sutan Porang Gunung Barining Naposo, dan Kahiyang bergelar Namora Pinayongan Kasayangan.

Menurut silsilah Mandailing, Bobby merupakan raja generasi ketujuh keturunan Raja Gunung Baringin Naposo dari Mandailing Natal Penyabungan Timur.

"Begitu menyandang gelar sebagai orang yang berumah tangga. Nama kecil tidak boleh dipanggil lagi. Semoga kalian berdua menjaga nama baik ini," kata Pandapotan Nasution selaku Raja Pasununan yang memimpin seluruh rangkaian Horja Siriaon.

Dia lalu melemparkan beras kuning kepada Kahiyang dan Bobby sambil mengatakan Horas berulang-ulang, diiringi tetabuhan gordang sembilan.

Baca juga : Ini Menu Spesial pada Hari Terakhir Pesta Adat Kahiyang-Bobby

Muhammad Bobby Afif Nasution alias Bobby (26) adalah putra ketiga dari almarhum Erwin Nasution. Lahir di Medan pada 5 Juli, Bobby menyelesaikan pendidikan awalnya di SD Muhammadiyah 2 Pontianak, kemudian SMP dan SMA di Bandar Lampung.

Setelah itu ia hijrah ke Bogor untuk melanjutkan pendidikan di Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor (IPB). Ia masuk pada 2014 lalu. Di kampus inilah, dia menemukan pujaan hatinya Kahiyang Ayu Siregar.

Ayang, begitu panggilan Kahiyang Ayu Siregar (26). Putri Solo ini merupakan anak kedua dan satu-satunya perempuan dari pasangan Joko Widodo dan Iriana. Adik dari Gibran Rakabuming Raka dan kakak dari Kaesang Pangarep ini sejak kecil sudah diajarkan nilai-nilai kesederhanaan, kemandirian, dan kejujuran.

Dia menempuh pendidikan SD sampai SMP di Solo. Kemudian lanjut ke Fakultas Ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Jawa Tengah dan lulus dengan IPK 3, 12.

Baca juga : Pakai Bahasa Mandailing, Ini Nasehat Jokowi untuk Kahiyang-Bobby

Melanjutkan pendidikan Pascasarjana Manajemen dan Bisnis di IPB pada 2015. Kahiyang menerima lamaran Bobby pada Juni 2017 setelah mereka melewati masa pacaran tak sampai setahun.

Kompas TV Presiden Joko Widodo menari tor tor pada acara pesta adat putrinya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com