Berita Foto: Ekspresi Jokowi Saat Manortor di Pesta Adat Kahiyang-Bobby - Kompas.com

Berita Foto: Ekspresi Jokowi Saat Manortor di Pesta Adat Kahiyang-Bobby

Kompas.com - 25/11/2017, 18:34 WIB
Presiden Joko Widodo Menari Tarian Adat Batak Manortor Menggunakan Ulos Abit Godang asal Tapanuli Selatan dalam acara ngunduh mantu resepsi pernikahannya di Medan, Sumatera Utara, Jumat (24/11/2017).BIRO SETPRES / AGUS SUPARTO Presiden Joko Widodo Menari Tarian Adat Batak Manortor Menggunakan Ulos Abit Godang asal Tapanuli Selatan dalam acara ngunduh mantu resepsi pernikahannya di Medan, Sumatera Utara, Jumat (24/11/2017).

MEDAN, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo menghadiri hari terakhir acara pesta adat pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu, dan Bobby Nasution di Medan, Sabtu (25/11/2017).

Jokowi yang datang bersama istrinya, Iriana Jokowi, ikut manortor dalam prosesi pesta adat yang disebut Mata Ni Horja tersebut.

(Baca juga: Lucunya Ekspresi Gibran Saat "Manortor" di Pesta Adat Kahiyang-Bobby)

Manortornya Jokowi dan Iriana merupakan salah satu momen yang dinanti-nanti para tamu. Pasalnya, Jokowi sempat mengaku bahwa dia sudah mulai belajar Manortor melalui YouTube.

Saat manortor, wajah orang nomor satu di Indonesia itu tampak tegang, namun sesekali tersenyum.

Jokowi awalnya berusaha mengikuti gerak manortor pria yang di sebelahnya. Lama-kelamaan, dia mulai menikmati dan senyumnya makin sering terlihat.

(Baca juga : Pakai Bahasa Mandailing, Ini Nasehat Jokowi untuk Kahiyang-Bobby)

Pesta adat hari terakhir ini sudah dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Rombongan Jokowi dan Iriana yang tiba di lokasi langsung disambut dengan tarian Tortor Mundur untuk menyambut pihak besan.

Setelah prosesi penyambutan itulah, Jokowi dan Iriana Widodo diberi ulos dan dipersilakan untuk manortor alias menari tarian Batak di hadapan para tamu undangan dan para tetua adat.

(Baca juga: Berita Foto: Pesta Adat Kahiyang-Bobby, Gibran "Manortor", Jan Ethes Menggemaskan)

Berikut ini foto-fotonya:

 

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara dan rombongan di arak secara adat Tapanuli Selatan untuk menuju ruangan acara pesta Adat Mandailing dalam acara ngunduh mantu resepsi pernikahannya di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (25/11/2017).BIRO SETPRES / AGUS SUPARTO Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara dan rombongan di arak secara adat Tapanuli Selatan untuk menuju ruangan acara pesta Adat Mandailing dalam acara ngunduh mantu resepsi pernikahannya di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (25/11/2017).

 

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara dengan Ulos Mandailing tiba di ruangan acara pesta adat Batak Mandailing di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (25/11/2017).BIRO SETPRES / AGUS SUPARTO Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara dengan Ulos Mandailing tiba di ruangan acara pesta adat Batak Mandailing di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (25/11/2017).

 

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara hadir dalam pesta adat Batak Mandailing di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (25/11/2017).BIRO SETPRES / AGUS SUPARTO Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara hadir dalam pesta adat Batak Mandailing di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (25/11/2017).

 

Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu (tengah) bersama suaminya Bobby Afif Nasution (kedua kiri) menari tor-tor Somba (pengantin) di depan kedua orangtua mereka ketika resepsi ngunduh mantu pernikahan mereka di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (25/11). Resepsi tersebut dilaksanakan dengan prosesi upacara adat perkawinan Mandailing seperti pemukulan Gondang Sambilan, Manortor, Tapian Raya Na Martua, Mangupa, Ajar Poda, Tortor Somba dan Manyoda Gondang. ANTARA FOTO/Septianda Perdana Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu (tengah) bersama suaminya Bobby Afif Nasution (kedua kiri) menari tor-tor Somba (pengantin) di depan kedua orangtua mereka ketika resepsi ngunduh mantu pernikahan mereka di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (25/11). Resepsi tersebut dilaksanakan dengan prosesi upacara adat perkawinan Mandailing seperti pemukulan Gondang Sambilan, Manortor, Tapian Raya Na Martua, Mangupa, Ajar Poda, Tortor Somba dan Manyoda Gondang.

 

Presiden Joko Widodo (kanan) mengenakan sepatunya saat resepsi ngunduh mantu pernikahan putri dan menantunya Kahiyang Ayu-Bobby Afif Nasution di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (25/11). Resepsi tersebut dilaksanakan dengan prosesi upacara adat perkawinan Mandailing seperti pemukulan Gondang Sambilan, Manortor, Tapian Raya Na Martua, Mangupa, Ajar Poda, Tortor Somba dan Manyoda Gondang. ANTARA FOTO/Septianda Perdana Presiden Joko Widodo (kanan) mengenakan sepatunya saat resepsi ngunduh mantu pernikahan putri dan menantunya Kahiyang Ayu-Bobby Afif Nasution di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (25/11). Resepsi tersebut dilaksanakan dengan prosesi upacara adat perkawinan Mandailing seperti pemukulan Gondang Sambilan, Manortor, Tapian Raya Na Martua, Mangupa, Ajar Poda, Tortor Somba dan Manyoda Gondang.

 

Sejumlah kerabat dan keluarga marga Siregar membawa persembahan Itak Godang ketika mengikuti ngunduh mantu pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution, di Medan, Sumatra Utara, Jumat (24/11). Itak Godang adalah barang bawaan berbungkus kain ulos warna hitam dan merah yang dibawa oleh para ibu pihak keluarga Siregar. Bungkusan ini berisi aneka makanan khas suku Mandailing untuk persembahan khusus dari pihak keluarga marga Siregar kepada pihak pengantin. ANTARA FOTO/Septianda Perdana Sejumlah kerabat dan keluarga marga Siregar membawa persembahan Itak Godang ketika mengikuti ngunduh mantu pernikahan Kahiyang Ayu-Bobby Nasution, di Medan, Sumatra Utara, Jumat (24/11). Itak Godang adalah barang bawaan berbungkus kain ulos warna hitam dan merah yang dibawa oleh para ibu pihak keluarga Siregar. Bungkusan ini berisi aneka makanan khas suku Mandailing untuk persembahan khusus dari pihak keluarga marga Siregar kepada pihak pengantin.

 

 

Berita ini telah tayang di Tribunnews.com, Sabtu (25/11/2017), dengan judul: Presiden Jokowi Sukses Manortor, Tak Percuma Belajar dari Youtube


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorCaroline Damanik

Close Ads X