Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minimalkan Konflik pada Pilkada Jateng, Kapolda Tempatkan Petugas Penghubung

Kompas.com - 24/11/2017, 15:55 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

WONOGIRI, KOMPAS.com - Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono menempatkan liaison officer (petugas penghubung) yang melekat pada pasangan calon, tim sukses, dan partai pendukung untuk meminimalisasi potensi konflik dan gesekan.

"Potensi konflik harus diminimalisasi sehingga ada LO dari kepolisian bagi pasangan calon, tim sukses, dan partai pendukung," ujar Condro seusai meresmikan Lapangan Tembak Kahyangan milik Polres Wonogiri, Jawa Tengah, Jumat (23/11/2017) siang.

Menurut Condro, keberadaan LO pada paslon dan tim sukses agar persaingan pilgub tidak menjadikan perpecahan di masyarakat. Untuk itu, penyelenggara pemilu harus profesional, transparan, akuntabel, dan netral, terutama KPU dan Panwaslu.

"Perlu saya sampaikan ke peserta calon, persaingan pilgub maupun pilbup jangan sampai adanya perpecahan di masyarakat," kata Condro.

Untuk mengamankan jalannya Pilkada Jateng 2018, Polda Jateng akan mengeluarkan dua pertiga anggota yang dimiliki. Tak hanya itu, Polda Jateng juga menyiapkan operasi khusus bernama Mantab Brata 2018 untuk pengamanan.

"Operasi juga untuk pengamanan pilbup yang bersamaan dengan pilgub, seperti Karanganyar, Purwokerto, dan Kota Tegal," ungkap dia.

Terkait tahapan pilgub, Condro menjelaskan, saat ini penyelenggara pemilu KPU dan Panwaslu menyiapkan perangkatnya ke semua desa. Sementara aparat pengamanan mempersiapkan markas, pendataan parpol pendukung, dan calon yang diusung.

Baca juga: Pilkada Jateng, 4 Orang Konsultasi Calon Perseorangan

Cukup tahu diri

Sementara itu, Bupati Wonogiri Joko Sutopo menyatakan tidak akan maju sebagai calon gubernur ataupun calon wakil gubernur pada Pilkada Jateng 2018. Ketua DPC PDI-P Wonogiri itu berdalih tahu diri dan masih fokus membangun tanah kelahirannya.

"Saya masih cukup tahu diri. Saya ini siapa. Kami masih punya tanggung jawab di Wonogiri. Saat ini kepercayaan masyarakat untuk Jekek (panggilan akrab Joko Sutopo) akan kami optimalkan dengan menyiapkan program berbasis skala prioritas," ujar Joko di sela-sela menghadiri peresmian lapangan tembak di Mapolres Wonogiri, Jumat (23/11/2017) siang.

Joko menegaskan, dia tidak akan bermanuver dalam Pilkada Jateng. Selaku Ketua DPC PDI-P Wonogiri, dia akan patuh dan mendukung calon yang direkomendasikan partai. 

Kompas TV Pilgub 2018 Jatim dan Jabar mulai ramai dukungan partai-partai
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com