Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Pelebaran Jalan, PKL Puncak Direlokasi

Kompas.com - 23/11/2017, 19:07 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Bogor menyiapkan lokasi baru untuk menampung para pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Relokasi PKL itu ditempatkan di Rest Area Semesta, Taman Wisata Matahari, Cisarua.

PKL yang dipindah adalah para pedagang yang berjualan mulai dari Simpang Gadog (Ciawi) hingga Cisarua.

Lapak-lapak dagang mereka sebelumnya juga sudah ditertibkan untuk kepentingan pengerjaan proyek pelebaran jalan di kawasan Puncak oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Bupati Bogor Nurhayanti menjelaskan, relokasi dilakukan sebagai upaya mendukung program pemerintah pusat dalam menata kawasan Puncak melalui proyek pelebaran jalan.

(Baca juga : 6 Jam di Tanah Abang, Jajal Jadi PKL hingga Dengar Keluh Kesahnya )

"Rencana pemerintah pusat akan melebarkan jalan mulai dari Gadog sampai Cisarua, disinergikan dengan penataan PKL, diharapkan menjadi solusi untuk menyelesaikan masalah Puncak. Maka Pemkab Bogor menyiapkan tempat relokasi agar para PKL tetap berjualan," ungkap Nurhayanti, Kamis (23/11/2017).

Nurhayanti menambahkan, Rest Area Semesta Taman Wisata Matahari dapat menampung hingga 110 PKL. Selain itu, relokasi ini menjadi pembuktian Pemda yang memandang penting PKL sebagai kekuatan ekonomi sektor informal.

"Mereka (PKL) perlu diberdayakan untuk mengembangkan usahanya," kata Nurhayanti.

Ia berharap, dengan dibenahinya kawasan Puncak, iklim investasi dan pengembangan sektor pariwisata untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dapat dikembangkan.

"Pesona wisata Puncak semakin meningkat, sehingga masyarakat tergerak untuk berkontribusi, baik dalam bentuk promosi maupun dalam upaya menjaga kawasan Puncak tetap lestari, bersih, indah, dan memiliki daya tarik wisata," pungkasnya. 

Kompas TV Salah satu pekerjaan rumah pemerintah provinsi DKI Jakarta adalah pembenahan kawasan Tanah Abang.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com