Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaring Pemilih Milenial pada Pilkada Jatim, Azwar Anas Manfaatkan "Gadget"

Kompas.com - 23/11/2017, 17:33 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Abdullah Azwar Anas, calon wakil gubernur Jawa Timur yang berpasangan dengan Syaifullah Yusuf, mengaku sudah mempersiapkan kampanye khusus untuk para pemilih pemula.

Kepada Kompas.com, Kamis (23/11/2017), Anas mengaku akan lebih memanfaatkan gadget (gawai) dan dialog dengan mereka melalui media sosial. Anas mencontohkan ketika dia berkunjung di salah satu kafe, anak-anak muda tidak ada yang menyapanya langsung, tetapi mereka malah mention di Instagram pribadinya.

"Pas ketemu enggak ngomong apa-apa, tapi mention di medsos dan bilang, 'Bapak tadi saya ketemu Bapak di kafe X'. Malah nyapanya lewat gadget dan ini akan saya maksimalkan karena anak-anak milenial mencari kebenaran bukan hanya dengan face to face, tapi juga melalui gadget," jelas Anas.

Selain itu, Anas mengatakan bahwa salah satu ciri generasi milenial adalah tidak suka orang-orang yang berkonflik serta tidak suka menjelekkan orang lain. Itulah yang membuat Anas memilih kampanye yang inspiratif, kreatif, dan diplomasi kuliner.

"Generasi milenial adalah generasi zaman now yang inspiratif dan kreatif. Mereka tidak suka jika ada pemimpin yang menjelekkan orang lain. Ini yang akan saya hindari," tambah dia.

Anas menjelaskan, saat ini sudah ada tujuh komunitas relawan di Jawa Timur yang akan membantu kampanye. Komunitas tersebut dibentuk secara independen oleh pendukungnya.

"Ada macam-macam namanya. Saya sempat diundang saat pembentukan di Malang, relawan dari 20 kota, tapi sayangnya saya belum bisa hadir. Biar saja enggak apa-apa mereka membentuk sendiri," ujar dia.

Baca juga: Gus Ipul-Azwar Anas Cari Celah agar SMA/SMK Tetap Gratis

Terkait diplomasi kuliner, Anas mengaku saat berkunjung di kota/kabupaten di Jawa Timur selalu membawa oleh-oleh makanan dari Banyuwangi yang akan dinikmati bersama-sama.

Dia juga akan mencicipi kuliner lokal yang ada di daerah tersebut secara bergantian. Anas juga mengakui bahwa diplomasi kuliner tersebut sangat efektif untuk menjalin silaturahim.

Dia mengaku sudah mengunjungi 34 kota/kabupaten dan tinggal satu kota yang belum dikunjungi, yaitu Malang Raya.

"Untuk Malang Raya akhir pekan ini. Jadi sudah semua saya kunjungi," kata dia sambil tersenyum.

Dia mengaku selama kunjungan tersebut banyak mendapatkan masukan dan bersama Gus Ipul sudah memetakan beberapa program di sejumlah kawasan.

"Masukan kami tulis dan kami masukkan dalam kotak besar untuk dirumuskan," tutur dia.

Kompas TV Pilgub 2018 Jatim dan Jabar mulai ramai dukungan partai-partai
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com