Cekcok, Pacar Banting Sekarung Bahan Mercon hingga Meledak

Kompas.com - 23/11/2017, 17:28 WIB
Ilustrasi luka pada kakiShutterstock Ilustrasi luka pada kaki

TEMANGGUNG, KOMPAS.com - Sebuah ledakan terjadi di rumah indekos di Dusun Pandesari, Kelurahan Parakan Wetan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (22/11/2017) sekitar pukul 23.00 WIB. Dua orang terluka akibat kejadian ini.

Keduanya merupakan sepasang kekasih, Khaerudin dan Sutiyah Slamet. Mereka mengalami luka bakar sehingga harus dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Kepala Polres Temanggung, AKBP Maesa Soegriwo menjelaskan, ledakan itu berasal dari serbuk bahan petasan atau mercon milik Khaerudin yang dibanting oleh Sutiyah.

Kejadian itu bermula ketika Khaerudin, warga Kabupaten Kendal sedang terlibat pertengkaran dengan Sutiyah. Khaerudin lalu pergi sambil membawa karung berisi bahan mercon ke kamar Dhani Prasmawati, tetangga kamar indekos mereka.


(Baca juga : Keberadaan Tukang Las Pemicu Kebakaran Pabrik Mercon Masih Misterius)

Tapi, karung tersebut tiba-tiba direbut oleh Sutiyah dan dibanting sebanyak empat kali sehingga karung berisi serbuk mercon tersebut meledak.

"Ledakan itu terjadi bermula saat Khaerudin dengan pacarnya, Sutiyah Slamet, terlibat cekcok. Lalu Sutiyah membanting karung berisi serbuk mercon sampai akhirnya meledak," kata Maesa, dikonfirmasi Kamis (23/11/2017) siang.

Menuturkan Maesa, pertengahan Juni 2017, Khaerudin membeli serbuk mercon 0,5 kilogram dari temannya untuk membuat mercon persiapan Lebaran. Setelah dibuat mercon, masih tersisa serbuk bahan seberat 0,25 kilogram.

"Sisa bahan mercon itu kemudian disimpan dalam karung bersama dengan kabel-kabel bekas dan diletakkan di dalam kamar indekos," ujarnya.

(Baca juga : Pemilik Pabrik Mercon Pekerjakan Anak di Bawah Umur, Apa Alasannya? )

Ledakan itu mengakibatkan kerusakan pada plafon ternit, genteng, kaca jendela, dan lantai rumah. Perkakas rumah pun porak-poranda. Akibat kejadian ini, pasangan kekasih itu menderita luka bakar dan saat ini masih dirawat di RS PKU Parakan.

Tidak hanya itu, tetangga indekos mereka bernama Dhani Prasmawati juga terluka pada mata karena kamasukan benda asing akibat ledakan tersebut.

Berdasarkan keterangan dokter, sambung Maesa, kulit Khaerudin dan Sutiyah melepuh hampir di sekujur tubuh karena terkena serpihan serbuk bahan mercon yang meledak.

Menurutnya, Tim Penjinak Bom dari Brimob Polda Jawa Tengah dan Laboratorium Forensik (Labfor) Cabang Semarang telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), Kamis pagi.

Kompas TV Akibat kejadian tersebut, 39 orang dikabarkan tewas. 


Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorReni Susanti
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X