5 Titik Rel Kereta Tertutup Longsor, Pembersihan Butuh Waktu 6 Jam

Kompas.com - 23/11/2017, 06:24 WIB
Kereta Api Mutiara Selatan jurusan Bandung-Malang tertahan di Stasiun Cibatu, Garut, Rabu (22/11/2017), setelah jalur KA Lintas selatan tertimbun longsor. Ari Maulana Karang/Kompas.comKereta Api Mutiara Selatan jurusan Bandung-Malang tertahan di Stasiun Cibatu, Garut, Rabu (22/11/2017), setelah jalur KA Lintas selatan tertimbun longsor.
|
EditorFarid Assifa

GARUT, KOMPAS.com - Gangguan perjalanan kereta api di jalur selatan pulau Jawa yang terjadi akibat ada rel tertimbun longsor, ternyata tidak hanya di satu titik.

Juru bicara PT KAI Kepala Daerah Operasi (Kadaops) 2 Bandung, Joni Martinus dalam keterangan tertulisnya menyebut ada lima titik longsor yang lokasinya tidak berjauhan.

"Awalnya longsor ditemukan di kilometer 233 antara stasiun Cipeundeuy-Bumiwaluya, lalu terjadi longsor susulan di beberapa tempat diantaranya kilometer 320, 231, 232 dan 234," katanya.

Menurut Joni, bencana longsor awalnya diketahui sekitar pukul 18.00 WIB saat hujan deras. Timbunan material longsoran pun bervariasi dari mulai dari setinggi 1 meter hingga 7 meter. Panjang rel yang tertimbun longsor dari 10 meter hingga 100 meter.

Joni mengatakan, PT KAI sudah menurunkan alat-alat berat dan personel ke lapangan. Ia memperkirakan, proses pembersihan memerlukan waktu 6 jam hingga bisa dilalui oleh kereta api seperti biasa.

Baca juga : Longsor di Garut, Perjalanan 7 Kereta Api Dialihkan ke Utara

Atas nama PT KAI, Joni meminta maaf kepada para penumpang atas ketidaknyamanan selama perjalanan.

"Atas nama PT Kereta Api Indonesia kami mnyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan dan terganggunya perjalanan kereta akibat bencana alam ini," katanya.

Sebelum jalur kereta api bisa beroperasi normal, menurut Joni, pihak PT KAI untuk sementara menggunakan pola operasi memutar. Kereta dari arah Bandung dialihken ke timur melalui jalur utara lintas Cikampek-Palimanan Cirebon-Purwokerto dan Kroya. Pola ini juga diterapkan untuk kereta dari arah sebaliknya.

Dari pantauan Kompas.com di lokasi rel yang tertimbun longsor, alat berat khusus tampak telah datang di lokasi longsor. Puluhan pekerja pun diturunkan untuk membersihkan material longsoran.

Hingga Kamis (23/11/2017) pukul 01.00 WIB, proses pembersihan material longsor masih dilakukan.

Baca juga : Jalur Selatan Tertimbun Longsor, Perjalanan Lima KA Tertahan

Sementara, di Stasiun Cipeundeuy, stasiun terdekat dari lokasi longsoran, kereta Argo Wilis tampak diparkir dan akan diberangkatkan ke Surabaya pada Kamis (23/11/2017) pagi.

Para penumpang yang naik dari Stasiun Bandung akan diangkut menggunakan bus menuju Stasiun Cipeundeuy di Malangbong, Garut, agar bisa naik kereta Argo Wilis.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X